Sabtu, 23 Mar 2019 20:27 WIB

Bus Listrik China Mulai Dilirik Perusahaan Otobus Lokal

Luthfi Anshori - detikOto
Bus Transjakarta Foto: Pradita Utama Bus Transjakarta Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bus listrik asal China, BYD, mengaspal di Indonesia berkat PT Bakrie Autoparts. Bus listrik ini akan jadi salah satu armada bus listrik yang akan beroperasi di rute operasional Transjakarta. Untuk awalan, rute Senayan-Monas yang dipilih.

Meski belum benar-benar beroperasi di jalanan Indonesia, menurut Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi, sudah ada beberapa Perusahaan Otobus (PO) yang tertarik kerjasama.



"Penjajakan sudah ada. Di Bali dan Jateng. Tentu juga ada Transjakarta dan Damri. Tapi kan tetap harus ikuti proses, ada beberapa PO yang kerja sama dengan kami," kata Dino, di Jakarta, belum lama ini.

Ditambahkan Dino, salah satu operator bus yang sudah bekerja sama dengan BYD adalah Pahala Kencana. Sesuai skema, nantinya PT Transjakarta menyewa bus BYD dari PO Pahala Kencana, dan pihak Transjakarta membayar rupiah per km.



Bicara layanan aftersales, pihak Bakrie Autoparts akan bertanggung jawab sepenuhnya. "Sekarang juga dapat support dari BYD Malaysia. Kami juga sedang susun tim layanan aftersales di Indonesia di bawah BYD Malaysia, mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan siap," pungkasnya.

Bus listrik TransjakartaBus listrik Transjakarta Foto: Pradita Utama


Sebagai informasi, BYD akan menyediakan tipe K9 sebagai armada bus listrik Transjakarta. Dan untuk bus feeder, akan menggunakan BYD C6 yang lebih kecil.



BYD K9 sendiri memiliki spesifikasi bobot 18.000 kg, dengan panjang, lebar, tinggi 12.000 mm, 2.550 mm, dan 3.200 mm. Daya angkut bus ini mencapai 50 penumpang, dengan 32 duduk dan 18 penumpang berdiri.

BYD K9 memiliki daya mencapai 60 kW, dengan proses pengisian baterai sekitar 4 jam. Dalam sekali pengisian baterai, bus ini bisa menempuh jarak sejauh 250 km dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com