Sabtu, 23 Mar 2019 13:58 WIB

Bus Listrik China Ini Sudah Pernah Diuji di Bali

Luthfi Anshori - detikOto
Bus TransJakarta listrik Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom Bus TransJakarta listrik Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta - BYD jadi salah satu merek bus listrik yang akan diuji coba PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) selama enam bulan. Sebelum direncanakan beroperasi di rute Transjakarta, bus asal China ini ternyata sudah pernah diuji coba cukup lama di Bali.

Bus listrik BYD yang digunakan di bali adalah tipe C6, di mana bus ini masuk kategori bus medium yang bertugas sebagai bus feeder (pembantu). Bus ini memiliki konfigurasi jok 2-1, dengan jumlah kursi sekitar 24, ditambah 1 kursi sopir.



Pada saat itu, sebanyak dua unit bus BYD diimpor langsung dari China. Dan ditugaskan sebagai bus shuttle yang melayani mobilitas para peserta International Monetary Fund & World Bank, pada akhir 2018 lalu.

Dikatakan Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi, distributor BYD di Indonesia, bus listrik berwarna putih polos yang diuji coba itu tidak mengalami masalah sedikitpun.

"Waktu kami coba di Bali, hampir 1 bulan gak ada masalah sama sekali," kata Dino kepada wartawan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Transjakarta sendiri dalam pemaparannya saat meresmikan kerja sama dengan BYD dan MAB, kamis (21/3/2019), mengatakan jika merek BYD termasuk salah satu yang banyak digunakan di dunia dan cukup dipercaya.



"Ini (bus listrik BYD) sudah ada di 50 negara. Dan sudah terjual 50 ribu (unit). Bus ini juga sudah banyak beredar di kota Shenzhen dengan jumlah 16.000 unit," Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono.

Jika berjalan sesuai rencana, maka bus listrik BYD termasuk bus listrik lokal, yakni MAB (Mobil Anak Bangsa) akan segera dicoba di rute bus Jakarta, Senayan - Monas, selama 6 bulan.

Nantinya, TransJakarta tidak akan membeli bus - bus listrik tersebut. Melainkan akan menyewanya dari operator bus yang menjadi mitra. Pihak PT Transjakarta akan membayar ongkos operasional berdasarkan rupiah per km. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya