Selasa, 23 Okt 2018 15:14 WIB

Tilang CCTV Lebih Akurat Menangkap Pelanggar Lalu Lintas

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pelanggaran lalu lintas masih kerap dilakukan. Berbagai upaya dilakukan kepolisian namun belum efektif membuat jera sehingga pelanggar lalu lintas berkurang.

Padahal pihak kepolisian juga cukup rutin melakukan razia terhadap para pengendara nakal. Tetapi seolah kebal ditilang, para pelanggar masih nekat melakukan pelanggaran.


Untuk itu pihak kepolisian sedang melakukan uji coba tilang berbasis kamera CCTV alias Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). e-TLE dinilai lebih akurat dan diharap bisa efektif mengurangi tindak pelanggaran lalu lintas.

"e-TLE alatnya dapat bekerja secara otomatis, yang menangkap pelanggar. Dengan alat ini berarti hasilnya lebih banyak dan akurat sedangkan tilang petugas tergantung pada sedikit dan banyaknya petugas," terang Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto yang dihubungi detikOto.

Namun Budiyanto tak menampik, jika nantinya tilang CCTV ini mulai berlaku di Jakarta masih ada petugas kepolisian yang melakukan razia di jalanan.

"Masalah razia itu masalah teknis, tergantung hasil evaluasi," pungkas Budiyanto.


e-TLE saat ini baru diterapkan pada ruas jalan Sudirman-Thamrin, namun masih sebatas uji coba. Cukup banyak kamera CCTV terpasang untuk memantau para pelanggar lalu lintas. Jika dalam hasil uji coba berhasil, penilangan berbasis CCTV ini bakal segera diterapkan.

Ini semata-mata dilakukan agar para pengendara lalu lintas semakin tertib di jalan.




Tonton juga 'e-TLE Sistem Tilang Tak Pandang Bulu':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya