Selasa, 13 Feb 2018 18:52 WIB

Pakai Bahan Aluminium, Ini Kelebihan Armada Baru Bus TransJakarta

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Bus baru TransJakarta. Foto: Khairul Imam Ghozali Bus baru TransJakarta. Foto: Khairul Imam Ghozali
Kudus - TransJakarta menambah 300 unit armada barunya dengan jenis bus low entry. Dari 300 unit itu, 101 unitnya dibuat dengan bahan aluminium.

Penggunaan bahan aluminium itu merupakan pertama kalinya dilakukan, yang pengerjaannya dilakukan oleh Karoseri Nusantara Gemilang. Dengan bahan aluminium itu, bus diklaim lebih ringan, sehingga bisa irit bahan bakar dan menghemat umur ban.



"Kita memang terbilang baru. Kelebihan untuk bodi pelat aluminium, dengan adanya pelat aluminium itu otomatis mengurangi berat dari bus itu sendiri, dengan lebih ringan, otomatis untuk ban dan bahan bakar juga lebih hemat," ujar General Manager Nusantara Gemilang, Sandra, kepada wartawan, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

Pemasangannya pun berbeda dengan bus berbahan besi. Untuk bus dengan bahan aluminium ini pemasangannya tidak menggunakan las.

"Struktur framenya itu kita menggunakan hulu yang tidak dilas," kata Sandra.



Direktur Teknikal TransJakarta, Wijinarko, menambahkan selain lebih ringan yang juga memberi dampak irit bahan bakar dan umur ban, bus dengan bahan aluminium ini juga diklaim mampu menampung lebih banyak orang.

"Ada perbedaan berat (antara bahan aluminium dengan bahan steel) sekitar 800 kg lebih ringan dan dari 800 kg dibagi 60 kg (berat rata-rata penumpang) ada terdapat margin 10 sampai 14 orang lebih banyak untuk muatannya," paparnya.

"Sehingga diharapkan bus ini bisa menampung orang lebih banyak dan space berdirinya lebih banyak," lanjut Wijinarko.



Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwon, menambahkan bahwa armada baru TransJakarta yang bahan dasarnya aluminium ini tidak kalah dengan bus-bus keren di luar negeri.

"Saya bisa katakan 100 persen sama dengan bus yang di luar, formatnya, bahannya, semua. Dan kami merasa bangga sebagai yang pertama kali mengoperasikan ini. Ada 101 bus kami yakin ke depannya angkutan di Indonesia konsepnya jadi seperti ini," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]

(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.