Sabtu, 13 Jan 2018 12:10 WIB

Arab Gelar Pameran Mobil Khusus Wanita

Ruly Kurniawan - detikOto
Arab Gelar Pameran Mobil Khusus Wanita Foto: Reuters/File Arab Gelar Pameran Mobil Khusus Wanita Foto: Reuters/File
Jakarta - Setelah memperbolehkan wanita berkendara, kini Arab Saudi menyelenggarakan acara mobil yang dirancang khusus untuk para kaum hawa. Digelar di Le Mall, Jeddah, wanita berbondong-bondong menghadiri acara tersebut.

Melansir carscoops dari laporan Reuters, sejumlah kendaraan dari tipe dan merek berbeda di tampilkan disana. Seperti Chevrolet, Nissan, Kia, hingga Toyota. Meskipun bukan kendaraan yang 'mewah' dan eksotis, acara pameran mobil tersebut difokuskan pada kendaraan hemat bahan bakar.

Tidak ada kabar berapa banyak orang yang menghadiri gelaran pertama kali tersebut, namun Ghada al-Ali mengatakan bahwa ia tertarik membeli sebuah mobil karena peraturan yang mengikatnya sudah dicabut oleh Raja Salman dan akan segera berlaku. "Saya selalu tertarik dengan mobil, tapi kami tidak memiliki kemampuan (kebebasan) mengendarainya," katanya.

Arab Saudi adalah satu-satunya negara yang tidak memperbolehkan wanita mengemudi. Tapi, nantinya wanita bakal dibolehkan mengemudi sendiri setelah Raja Salman mengeluarkan keputusan yang memberi izin kepada perempuan untuk mengemudi sendiri mulai 24 Juni 2018.

Dikatakan, sebelumnya wanita dilarang mengendarai mobil sendiri karena mengikuti hukum islam yang sangat ketat yang dikenal sebagai Wahhabisme. Dalam hukum itu, pria dan wanita dipisahkan dan wanita juga harus memakai jilbab untuk menutupi diri mereka sendiri. Itu juga mengatur bahwa setiap wanita harus memiliki wali laki-laki. Biasanya mereka adalah saudara laki-laki atau suami dari wanita.

Beberapa orang di sana menganggap, wanita tidak perlu menyetir sendiri. Karena wanita tidak bisa berpergian tanpa ada pria yang bisa menyetir untuknya.

[Gambas:Youtube]

(lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Sienta Lebih Laris di Luar Negeri

    Toyota Sienta Lebih Laris di Luar Negeri

    Sabtu, 26 Mei 2018 20:08 WIB
    Sienta lebih laris terjual di pasar luar negeri dibanding domestik. Tercatat angka impor Toyota Sienta mencapai 2.500 unit periode Januari hingga April 2018.
  • 5 Langkah Aman Bermotor saat Puasa

    5 Langkah Aman Bermotor saat Puasa

    Sabtu, 26 Mei 2018 13:14 WIB
    Berkendara saat sedang puasa memang berpotensi mengalami dehidrasi bahkan bisa mengurangi konsentrasi berkendara. Untuk mengatasi itu, ini beberapa tipsnya.
  • Etios Edisi Spesial untuk Afrika Selatan

    Etios Edisi Spesial untuk Afrika Selatan

    Sabtu, 26 Mei 2018 11:15 WIB
    Di Indonesia Toyota Astra Motor (TAM) menyudahkan penjualan Etios. Tapi di beberapa negara, mobil itu masih menjadi andalan. Salah satunya di Afrika Selatan.