Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 11 September 2017, 12:23 WIB

Pemilik Mobil Ini Ngotot Merasa Parkir di Bahu Jalan Tak Bikin Macet

Ibnu Hariyanto - detikOto
Pemilik Mobil Ini Ngotot Merasa Parkir di Bahu Jalan Tak Bikin Macet Mobil di bahu jalan kampung Jakarta (Ahmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140 terkait pemilik kendaraan bermotor wajib mempunyai garasi. Sebab masih banyak pemilik mobil yang tidak memiliki garasi sehingga kendaraannya diparkir di bahu jalan.

Salah satu pemilik mobil, Alif mengatakan sudah mengetahui aturan tersebut. Alif menuturkan jika memang Perda itu berlaku terpaksa dia akan menitipkan mobilnya di tempat penitipan.


"Ya terpaksa dititipin (mobilnya). Dan kita akan nambah biaya lagi," kata Alif kepada detikcom di Jalan Batu Sari, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/9/2017).

Sehari-hari, Alif terpaksa memarkirkan mobilnya di bahu jalan karena tidak ada garasi. Menurut dia, seharusnya parkir di bahu jalan tak jadi masalah asal tidak menimbulkan kemacetan.


"Okelah kalau parkir di pinggir jalan yang bisa bikin macet, dilarang itu wajar. Tapi selama parkir di jalan yang sepi (jalan kampung) dan jalanan nggak bikin macet kan nggak masalah," ucap dia.

Alif pun berharap Perda tersebut dikaji kembali oleh Pemerintah DKI. Sebab dengan Perda tersebut seolah-olah mobil hanya untuk orang kaya saja sedangkan semua orang berkeinginan memiliki mobil.

"Harapannya harus dikaji lagi kalau begitu dalam arti kalau nggak boleh parkir pinggir jalan, mobil ini hanya untuk orang kaya saja dong? Sementara orang menengah yang pengen mobil nggak bisa beli mobil dong, bisa beli mobil yang second tapi nggak bisa parkirin mobilnya dong," ungkap dia.


Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat ini sedang gencar mensosialisasikan Perda Nomor 5 Tahun 2014 pasal 140. Perda itu mengatur pemilik kendaraan bermotor agar tidak parkir di jalan dan wajib ditempatkan di garasi.

Ilustrasi parkir mobil di pinggir jalanIlustrasi parkir mobil di pinggir jalan (Foto: Ahmad Mustaqim/detikcom)

Berikut adalah isi perda tersebut:

1. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

2. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik Jalan.

3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.

4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur. (ibh/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed