Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 11 September 2017, 09:48 WIB

Melongok Bahu Jalan Kampung di Jakarta yang Jadi Parkiran Mobil

Ahmad Mustaqim - detikOto
Melongok Bahu Jalan Kampung di Jakarta yang Jadi Parkiran Mobil Mobil di bahu jalan kampung di Jakarta (Ahmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menyoroti banyaknya pemilik mobil di Jakarta yang tidak memiliki garasi. Alhasil, mobil-mobil diparkir di bahu jalan.

Pagi ini, detikcom mengecek ke sejumlah ruas jalan di 'pedalaman' Jakarta. Sejumlah mobil di kawasan Tegal Parang masih tampak tidak terparkir di garasi. Meskipun tidak menyebabkan kemacetan berarti, hal itu tetap saja mengganggu pengguna jalan.

Kemudian bergeser ke Jalan Pancoran Barat VII, Jakarta Selatan. Pada pukul 07.40, Senin (11/9/2017), sejumlah mobil masih terparkir di luar rumah. Kebanyakan pemilik mobil ini terlihat tidak mempunyai tempat parkir di dalam rumahnya.

Melongok Bahu Jalanan Kampung di Jakarta yang Jadi Parkiran MobilMobil di bahu jalan kampung Jakarta (Ahmad Mustaqim/detikcom)
Mobil yang berada di pinggir badan Jalan Pancoran Barat VII menghambat laju kendaraan dari arah Duren Tiga ke arah Pancoran Barat. Hal itu membuat pengguna jalan harus lebih menempuh waktu lebih untuk sampai ke tempat tujuan.



Sebagai informasi, aturan soal wajibnya pemilik mobil mempunyai garasi sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140. Dalam perda tersebut diatur pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki garasi dan tidak boleh parkir di jalan.

Melongok Bahu Jalanan Kampung di Jakarta yang Jadi Parkiran MobilMobil di bahu jalan kampung di Jakarta (Ahmad Mustaqim/detikcom)
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi terkait aturan tersebut. Djarot mengatakan akan menderek mobil yang tidak berada di dalam garasi.

"(Sanksinya) gampang, ditarik. Mobilnya ditarik, kita bantu cari tempat parkir. Parkirnya di Dishub kita kandangin, gampang," kata Djarot di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (8/9). (fjp/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed