Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 26 Juli 2017, 11:14 WIB

Menjajal Naik Bajaj 'Qute' Roda 4 Keliling Jakarta

Cici Marlina Rahayu - detikOto
Menjajal Naik Bajaj Qute Roda 4 Keliling Jakarta Penumpang bajaj roda empat. (Cici Marlina/detikcom)
Jakarta - Ada sensasi tersendiri yang dirasakan saat menjajal moda transportasi bajaj 'Qute' roda empat. Tarikan kendaraan pengganti bemo ini kencang dan tarifnya ringan di kantong.

Bajaj roda empat ada yang warna biru, ada juga yang warna putih.Bajaj roda empat ada yang berwarna biru, ada juga yang berwarna putih. (Cici Marlina/detikcom)

detikcom, Rabu (26/7/2017), mencoba menelusuri bagaimana sensasi menaiki bajaj Qute tersebut. Bajaj Qute bisa didapati di daerah kawasan Mangga Dua dan sekitarnya. Bentuknya mirip bajaj roda tiga pada umumnya, namun sistem kemudinya lebih modern.


Bajaj Qute ini disosialisasikan mulai mengaspal di Jakarta.Bajaj Qute ini disosialisasi mulai mengaspal di Jakarta. (Cici Marlina/detikcom)

Mulai naik dari depan halte TransJakarta Pangeran Jayakarta, Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Utara, menuju Jalan Ampera 7, Jalan Budi Mulya Raya, hingga ke Stasiun Ancol. Tarif yang dipasang oleh sopir Bajaj 'Qute' cukup murah. Dari Jalan Mangga Dua Raya menuju Stasiun Ancol Rp 5 ribu.

Seorang sopir bajaj Qute, Supendi, bercerita dirinya sudah dua hari narik dengan rute Stasiun Kota menuju Stasiun Ancol. Dulu Supendi adalah sopir bemo yang terkena peremajaan.

[Gambas:Video 20detik]


"Dulu saya bawa bemo. Pada dasarnya sopir bajaj Qute di sini dikhususkan sopir dari peremajaan bemo. Saya senang sekarang bagus bajajnya, kenceng tarikannya," kata Supendi.
Tarikan bajaj baru ini kencang.Tarikan bajaj baru ini kencang. (Cici Marlina/detikcom)


Menurut Supendi, ada 25 unit bajaj Qute yang melayani rute Stasiun Kota menuju Stasiun Ancol. Ada dua pilihan warna, yakni berwarna biru seperti warna bajaj roda tiga dan berwarna putih seperti milik Supendi ini.


"Ya saya sih mau warna apa yang penting bisa kerja, uang bisa cari uang buat anak-istri," tuturnya.

Seorang penumpang, Cika, mengatakan keberadaan bajaj Qute sangat membantunya berangkat bekerja ke Mangga Dua. Tarif yang dibanderol bajaj Qute juga tergolong murah.

Tarifnya juga murah, cuma Rp 5.000.Tarifnya juga murah, cuma Rp 5.000. (Cici Marlina/detikcom)

"Membantu banget ya, ini mau berangkat kerja jadi gampang. Cuma masih susah dicarinya. Standar sih kalau harga, cuma Rp 5.000 saja. Ya semoga diperbanyak juga yang kayak gini," ujar Cika, yang ditemui saat menaiki bajaj.

Sebelumnya, Ketua Organisasi Angkutan Darat Shafruhan Sinungan mengungkapkan sedikitnya ada 17 unit bajaj roda empat yang mulai 'berseliweran' di lima wilayah Jakarta. Bajaj roda empat ini disosialisasi sejak 19 Juli 2017. (cim/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed