Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 25 Juli 2017, 12:35 WIB

Keren, Bajaj Roda 4 Ini Siap-siap Mengaspal di Jakarta

Cici Marlina Rahayu - detikOto
Keren, Bajaj Roda 4 Ini Siap-siap Mengaspal di Jakarta Bajaj roda empat pengganti bemo. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Wajah lawas kendaraan bemo kini diganti menjadi bajaj roda empat. Kendaraan berwarna biru dan putih dengan bahan bakar bensin ini siap beroperasi melayani penumpang di Jakarta.

Ketua Organisasi Angkutan Darat Shafruhan Sinungan mengungkapkan sedikitnya ada 17 unit bajaj roda empat yang mulai 'berseliweran' di lima wilayah Jakarta. "Belum beroperasi. Baru sosialisasi, sudah tersebar 17 unit dalam 5 wilayah DKI, tapi sifatnya masih sosialisasi," kata Shafruhan, Selasa (25/7/2017).

17 Unit bajaj roda empat disosialisasikan ke penumpang.17 unit bajaj roda empat disosialisasi ke penumpang. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Bajaj roda empat ini disosialisasi sejak 19 Juli 2017. Shafruhan mengatakan sosialisasi ini dilakukan guna menerima masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan angkutan bajaj roda empat tersebut.

"Ya kami angkut penumpang, karena kami perlu masukan dari masyarakat. Tujuannya untuk minta masukan. Pertama adalah bajaj roda empat ini agar meningkatkan kualitas layanan dan mengganti bemo-bemo yang dihapus itu," ucapnya.

Selain untuk mengganti trayek bemo yang dihapus pada 6 Juni lalu, bajaj roda empat ini dipersiapkan untuk mengganti bajaj roda tiga yang sudah memasuki masa peremajaan bajaj, yang jatuh tempo lebih dari 10 tahun. Sosialisasi ini akan dilakukan selama 3 bulan ke depan.

Sosialisasi ini untuk meminta masukan masyarakat yang menjajal moda trasportasi baru ini.Sosialisasi ini untuk meminta masukan masyarakat yang menjajal moda trasportasi baru ini. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


"Diberikan waktu 3 bulan oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Itu kan untuk bemo, dan peremajaan bajaj roda tiga yang jatuh tempo lebih dari 10 tahun, tentu kan kita untuk pengganti bemo dulu," ujarnya.
Sosialisasi dilakukan selama 3 bulan.Sosialisasi dilakukan selama 3 bulan. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Menurut dia, bajaj roda empat masih menggunakan bahan bakar jenis bensin. Ketika ditanya soal tarifnya, Shafruhan mengatakan tarif sementara diberlakukan sesuai dengan kesepakatan antara pengendara dan penumpang.

"Bensin ya, tapi ini sudah melalui lulus uji emisi, masih bensin, minimal Pertalite ya. Belum dipasang (tarif) tapi sesuai kesepakatan saja kalau bajaj. Tidak ada tarif selama sosialisasi, per kilometer ya nggak tentu. Kesepakatan saja sama seperti roda tiga. Selama ini juga kesepakatan kan," tutur dia.

Brummm...! (aan/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed