Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 19 Juli 2017, 16:04 WIB

Tak Cuma Sintetik, Jangan Lupakan Tingkat Kemampuan Pelumas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tak Cuma Sintetik, Jangan Lupakan Tingkat Kemampuan Pelumas Foto: PT Pertamina Lubricants
Jakarta - Pelumas sintetik saat ini banyak ditawarkan pabrikan pelumas. Pelumas sintetik disebut lebih baik dalam hal ketahanannya. Jadi, konsumen bisa menggunakan pelumas sintetik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Lubricants Product Developer Pertamina Lubricants, Mia Krishna menjelaskan, memang keunggulan pelumas sintetik ada pada ketahanannya. Namun, konsumen jangan hanya memperhatikan ketahanan pelumas tanpa mempedulikan kemampuan pelumas itu dalam melindungi mesin.

Kemampuan pelumas ini diwakili oleh kelas mutu (performance level) pelumas. Saat ini, kelas mutu yang populer di Indonesia adalah kelas mutu API, seperti API SL, API SM, atau API SN. Namun, kelas mutu ex beberapa pabrikan Eropa dan Jepang juga dapat ditemui di pasaran. Pabrikan kendaraan umumnya mencantumkan kelas mutu pelumas yang dibutuhkan pada buku manual kendaraan.

"Yang juga penting juga adalah kemampuan pelumas itu. Kalau kelas mutunya di bawah yang disyaratkan, maka perlindungan bagi mesin tidak akan maksimal, sekalipun pelumas itu sintetik. Kombinasi yang terbaik tentunya adalah pelumas yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan sekaligus memiliki ketahanan", ujar Mia saat berbincang dengan detikOto di Lubricants Product Development Laboratory di area Pertamina Plumpang, Jakarta Utara belum lama ini.

Mia memberikan gambaran, kalau cuma ada dua pilihan pelumas yaitu pelumas mineral dengan kelas mutu yang diminta dalam buku manual, dan pelumas sintetik dengan kelas mutu yang lebih rendah, maka pilihan yang terbaik tentunya adalah pelumas mineral dengan kelas mutu yang diminta dalam buku manual. Hanya, karena pelumas tersebut menggunakan bahan dasar mineral (bukan sintetik), maka penggantian pelumas harus dalam jangka waktu yang lebih singkat karena pelumas itu tidak punya ketahanan sebaik pelumas sintetik. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed