Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 04 Juli 2017, 05:37 WIB

Dishub DKI: Bulan Ini, Bajaj Merah Harus Segera Jadi Biru

Danu Damarjati - detikOto
Dishub DKI: Bulan Ini, Bajaj Merah Harus Segera Jadi Biru Bajaj biru (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Tak lama lagi, bajaj merah yang ikonik itu tak boleh beredar di Jakarta. Bajaj merah harus segera diganti menjadi biru. Kalau tidak, bajaj merah yang tersisa bakal dilarang beroperasi.

"Pada 31 Mei kemarin, kami tetapkan bahwa semua bajaj merah harus berubah ke biru," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Andri Yansyah kepada detikcom, Seninn (3/7/2017).

Sebagaimana diketahui, bajaj merah atau oranye menggunakan bahan bakar bensin, mesinnya bersuara cukup lantang dan knalpotnya cukup berasap. Sedangkan bajaj biru muncul sebagai generasi yang lebih muda, menggunakan bahan bakar gas (BBG), suara mesinnya lebih lirih dan knalpotnya lebih sedikit asapnya.

Pemprov DKI ingin mewujudkan kota yang lebih ramah lingkungan, maka bajaj merah harus segera diganti dengan bajaj biru. Andri menyatakan konsep 'green and clean' komitmen Pemerintah Pusat.

"Dari 13 ribu bajaj di Jakarta, tinggal 500 saja yang belum berubah. Kita minta kepada para pemilik bajaj dengan para koperasinya agar segera berubah," kata Andri.

Tenggat waktu perubahan dari bajaj oranye menjadi biru adalah bulan ini. Bila hingga sampai berakhirnya bulan Juli ini masih ada bajaj merah berkeliaran, maka petugas Dishub akan menindaknya.

"Awalnya mereka (para pemilik bajaj) minta waktu, 'Pak, bagaimana kalau ditunggu sampai habis lebaran?" Kemudian kita beri waktu sampai Juli ini harus segera berubah. Kalau tidak, dengan sangat terpaksa akan kita tertibkan," kata Andri.

Dia berharap para koperasi pemilik bajaj bisa mengikuti aturan ini tepat waktu. Soal penggantian bajaj merah menjadi biru, itu adalah urusan masing-masing koperasi bajaj.

"Biayanya ditanggung koperasi masing-masing, business to business," ucap Andri. (dnu/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Selasa, 21 Nov 2017 16:21 WIB
    Ketangguhan mobil buatan Bekasi, Mitsubishi Xpander langsung diuji oleh sebuah truk. Xpander yang baru beberapa hari umurnya, 'dicium' oleh truk Mitsubishi Fuso
  • Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Selasa, 21 Nov 2017 15:30 WIB
    Mobil listrik kian tak terkejar. Produsen mobil listrik asal Amerika, Tesla baru saja memperlihatkan mobil Roadster yang sangat ngebut.
  • Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Selasa, 21 Nov 2017 15:19 WIB
    Bingung mau memodifikasi mobil Suzuki Karimun Estilo? Hal ini sepertinya tidak berlaku untuk Ginanjar Utardi. Penasaran?
  • Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Selasa, 21 Nov 2017 14:43 WIB
    Tanpa peredam kejut, kendaraan pasti tidak enak dikendarai. Namun Otolovers tahu, mana yang paling banyak di pasaran merek peredam kejut?
  • Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Selasa, 21 Nov 2017 14:13 WIB
    Mobil tanpa sopir akan menjadi teknologi kendaraan canggih di masa depan. Bahkan, Inggris pun tak menampik kemungkinan bakal maraknya mobil itu di masa depan.
  • Toyota Avanza Frozen Show Off

    Toyota Avanza Frozen Show Off

    Selasa, 21 Nov 2017 13:37 WIB
    Ide untuk memodifikasi memang datang dari mana saja, salah satunya dari karakter film Frozen.
  • Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Selasa, 21 Nov 2017 13:36 WIB
    Mobil sering kali menjadi tempat penyimpanan barang bagi sebagian orang. Tapi ada kalanya barang yang disimpan menumpuk dan malah jadi sampah.