Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 04 Juli 2017, 05:37 WIB

Dishub DKI: Bulan Ini, Bajaj Merah Harus Segera Jadi Biru

Danu Damarjati - detikOto
Dishub DKI: Bulan Ini, Bajaj Merah Harus Segera Jadi Biru Bajaj biru (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Tak lama lagi, bajaj merah yang ikonik itu tak boleh beredar di Jakarta. Bajaj merah harus segera diganti menjadi biru. Kalau tidak, bajaj merah yang tersisa bakal dilarang beroperasi.

"Pada 31 Mei kemarin, kami tetapkan bahwa semua bajaj merah harus berubah ke biru," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Andri Yansyah kepada detikcom, Seninn (3/7/2017).

Sebagaimana diketahui, bajaj merah atau oranye menggunakan bahan bakar bensin, mesinnya bersuara cukup lantang dan knalpotnya cukup berasap. Sedangkan bajaj biru muncul sebagai generasi yang lebih muda, menggunakan bahan bakar gas (BBG), suara mesinnya lebih lirih dan knalpotnya lebih sedikit asapnya.

Pemprov DKI ingin mewujudkan kota yang lebih ramah lingkungan, maka bajaj merah harus segera diganti dengan bajaj biru. Andri menyatakan konsep 'green and clean' komitmen Pemerintah Pusat.

"Dari 13 ribu bajaj di Jakarta, tinggal 500 saja yang belum berubah. Kita minta kepada para pemilik bajaj dengan para koperasinya agar segera berubah," kata Andri.

Tenggat waktu perubahan dari bajaj oranye menjadi biru adalah bulan ini. Bila hingga sampai berakhirnya bulan Juli ini masih ada bajaj merah berkeliaran, maka petugas Dishub akan menindaknya.

"Awalnya mereka (para pemilik bajaj) minta waktu, 'Pak, bagaimana kalau ditunggu sampai habis lebaran?" Kemudian kita beri waktu sampai Juli ini harus segera berubah. Kalau tidak, dengan sangat terpaksa akan kita tertibkan," kata Andri.

Dia berharap para koperasi pemilik bajaj bisa mengikuti aturan ini tepat waktu. Soal penggantian bajaj merah menjadi biru, itu adalah urusan masing-masing koperasi bajaj.

"Biayanya ditanggung koperasi masing-masing, business to business," ucap Andri. (dnu/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed