ADVERTISEMENT
Kamis, 11 Des 2014 11:05 WIB

JK Resmikan Pabrik Baru Honda di Karawang

- detikOto
detikOto-aditya detikOto-aditya
Karawang - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali berkomitmen di pasar roda 2 nasional dengan mendirikan pabrik baru. Pabrik AHM ini ada di Kawasan Industri Indotaisei Sektor II, Blok A Kota Bukit Indah, Kalihurip, Cikampek 41373, Karawang, Jawa Barat.

Ini merupakan pabrik ke-4 AHM di Indonesia setelah sebelumnya ada di daerah Peganggasaan, Sunter dan Cikarang. Pabrik yang berada di Karawang ini memiliki kapasitas produksi 1,1 juta unit pertahun yang akan dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan sepeda motor di pasar domestik dan pasar ekspor di kawasan ASEAN di masa mendatang.

Peresmian pabrik terbaru AHM ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia M. Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Hadir juga dalam peresmian ini Duta Besar Jepang untuk RI Yasuaki Tanizaki, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dan President, CEO and Representative Director, Honda Motor Co. Ltd Takanobu Ito.

Pabrik terbaru AHM ini dibangun di lahan seluas 84 hektare. Sebagai perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50 persen : 50 persen, AHM menginvestasikan Rp 3,3 triliun untuk memproduksi sepeda motor Honda tipe skutik di pabrik AHM Karawang ini.

Fasilitas produksi terbaru ini melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yaitu yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang.

Di pabrik baru ini, AHM menerapkan pengembangan teknologi-teknologi proses produksi baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan, serta mendukung kenyamanan operasional kerja karyawan.

Beberapa teknologi yang diterapkan untuk mendukung proses produksi AHM merupakan teknologi terdepan di dunia yang belum pernah diterapkan di proses produksi sepeda motor negara lain.

Hal ini menjadikan AHM mampu terus menyuguhkan sepeda motor berkualitas dunia. Pabrik baru AHM ini juga mengimplementasikan konsep green company dengan menggunakan bahan baku ramah lingkungan dan mulai memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga surya.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan besarnya potensi perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia diantisipasi AHM dengan mendirikan pabrik baru yang mampu memproduksi sepeda motor Honda dalam jumlah yang lebih besar, sehingga AHM dapat secara konsisten memenuhi besarnya kebutuhan sepeda motor Honda di setiap segmen.

"Kami ingin dapat selalu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan teknologi terbaik produk kami yang terkenal hemat bahan bakar, berperforma tinggi dan ramah lingkungan. Dari pabrik baru ini, kami ingin membawa motor Honda hasil produksi putra-putri Indonesia ke manca negara melalui rencana ekspor yang akan kami lakukan ke depan," bebernya.

(ady/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com