ADVERTISEMENT
Selasa, 09 Des 2014 17:13 WIB

SPBU Non Subsidi

Pengendara Kini Pilih Pelayanan dan Fasilitas SPBU

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - Di tengah persaingan SPBU di Indonesia yang kian ketat, soal pelayanan dan fasilitas memegang peran penting. Kepuasan konsumen yang membeli bahan bakar minyak (BBM) pun tak lepas dari peran seorang operator dan fasilitas SPBU.

Jika pelayanannya memuaskan, konsumen pun bakal kembali lagi untuk membeli BBM di SPBU itu. Untuk itu, SPBU yang dikelola langsung oleh Pertamina pun sudah menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) pelayanan.

"Kan ada SOP-nya. SOP pelayanan, jelas ada 10 langkah, mulai dari mandu sampai ke terima kasih," ujar Kepala SPBU COCO (Corporate Owned Corporate Operated) 31-127.O1, Hadi Prapatianto kepada detikOto di Kemang, Jakarta.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Menurut Hadi, standar pelayanan itu selalu diawasi. Pihaknya pun memiliki staf pengawas untuk memantau pelayanan yang diterapkan oleh petugas SPBU.

"Jadi memang standarisasi dari Pemerintah. Kami sudah pasti terapkan. Diawasi juga. Kalau di luar COCO, ya itu bukan pemantauan kami," katanya.

COCO sendiri merupakan SPBU yang dikelola oleh Pertamina. COCO memiliki kode SPBU tersendiri. "COCO yang punya Pertamina. Yang ngelola anak perusahaannya Pertamina (PT Pertamina Retail). Yang kode SPBU depannya misalnya 31," tutur Hadi.

Sementara itu, Sigit Suhendar (30), yang menggunakan BBM Pertamina dan Shell mengaku, pelayanan SPBU Pertamina dengan Shell tidak jauh berbeda.

"Motor MegaPro gue pakai Shell. Kalau pelayanan gue pikir sama (antara SPBU Shell dengan Pertamina)," ujarnya.

Pantauan detikOto, SPBU Pertamina, Shell dan Total yang ada di wilayah Jakarta Selatan memiliki fasilitas yang hampir sama. Mulai dari toilet hingga minimarket sudah disediakan.

Di SPBU Pertamina SPBU COCO 31-127.O1 di kawasan Kemang terdapat minimarket Bright yang menyediakan beragam minuman dan makanan. Selain itu, stasiun pengisian nitrogen untuk ban, toilet dan ATM juga tersedia.

Beralih ke SPBU Total Warung Buncit. SPBU yang dikelola perusahaan migas asal Prancis itu terdapat minimarket Bonjour yang juga menyediakan makanan dan minuman. Tersedia juga layanan car wash, car detailing dan toilet.

Sementara SPBU Shell di Mampang Prapatan, terdapat fasilitas pengisian angin, minimarket Cirkle K dan toilet.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com