Jumat, 22 Feb 2013 16:41 WIB

Tak Ada Transportasi Massal, Jakarta 'Nangis Darah'

- detikOto
Jakarta - Kondisi jalanan Ibukota Jakarta sudah semakin memprihatinkan. Kemacetan di sana-sini banyak membuat pengguna jalan mengalami stres. Karenanya Jakarta sudah membutuhkan transportasi massal yang handal di masa depan.

"Jika Jakarta tidak ada mass transportasi maka Jakarta 'nangis darah,'" kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto kepada detikOto di sela-sela peresmian diler Hyundai di Jalan Cihampelas no. 6 Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/2/2013).

Menurutnya jalanan di Jakarta sudah semakin sesak dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi itu pun tidak bisa dihindari jika tidak ada transportasi yang baik.

Karenanya, pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan agar pemerintah Indonesia khususnya pemerintah Jakarta mendirikan sarana transportasi massal demi mengatasi kemacetan.

"Pemerintah harus segera membangun moda transportasi massal di Jakarta. Soalnya ini sudah sangat kompleks," ucapnya.

Sementara itu, Gaikindo seperti yang dijelaskan Jongkie justru mendorong agar pemerintah segera membangun monorel dan MRT.

Dia menambahkan Gaikindo bukan penentang berdirinya sarana transportasi jenis tersebut, dan tidak seperti isu yang berkembang jika Gaikindo menyesalkan pembangunan monorel dan MRT dengan alasan bisa menurunkan volume penjualan mobil di Jakarta dan sekitarnya. "Justru kita mengharapkan pembangunan transportasi massal," tutupnya.




(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed