Jumat, 08 Okt 2010 16:06 WIB

Proton Recall Gen.2 dan Satria Neo

- detikOto
Kuala Lumpur - Pabrikan mobil Malaysia Proton melakukan kampanye keamanan dengan menarik kembali (recall) dua modelnya yakni Proton Gen.2 dan Satria Neo dari pasaran karena permasalahan pada Clock Spring.

Clock Spring pada kedua model yang diproduksi antara April 2004 sampai Juni 2008, merupakan piranti penghubung antara airbag dan perangkat radio, klakson, dan cruise control dalam setir (steering wheel).

Seperti dikutip dari situs resmi Proton Malaysia, Jumat (8/10/2010) insinyur Proton mengaku telah mengidentifikasi sumber permasalahan pada Gen.2 dan Satria Neo yakni Clock Spring tadi yang bisa menimbulkan gejala yang tidak bisa dianggap remeh, karena bisa membahayakan pengemudi.

Klakson mobil bisa berbunyi sendiri, juga tombol audio pada setir jadi tidak berfungsi, bahkan airbag bisa mengembang sendiri, dan yang paling parah tidak bisa menstater mobil karena kelistrikannya terganggu.

Meskipun jumlah unit yang ditarik kembali sedikit, yakni hanya sekitar 2 persen dari yang diproduksi antara tahun 2004-2008, namun Proton mengaku keamanan pelanggan jauh lebih penting dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

"Kami berharap para konsumen memahami bahwa recall ini diperlukan untuk menjamin kepercayaan yang berkelanjutan terhadap keselamatan dan kinerja kendaraan mereka," kata Managing Director Proton Haji Dato Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, seperti dilansir Paultan, Jumat (8/10/2010).

Proton juga sudah meminta para pelanggannya yang menggunakan kedua model tersebut untuk mendatangi diler-diler Proton terdekat untuk dilakukan perbaikan terhadap permasalahan Clock Spring tersebut. (bgj/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com