Selasa, 11 Sep 2018 07:06 WIB

Ikuti Malaysia, Ridwan Kamil Akan Pasang Pembatas Jalan dari Tong

Dina Rayanti - detikOto
Pembatas tong di Malaysia. Foto: dok Paultan Pembatas tong di Malaysia. Foto: dok Paultan
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana untuk menggunakan teknologi terbaru pada pagar pembatas jurang. Menggunakan tabung silinder yang bisa berputar hal itu diharap bisa meredam kecelakaan kendaraan bermotor.

Dalam postingan di akun instagram pribadi miliknya, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan pagar pembatas dari tabung silinder itu bakal dipasang di beberapa ruas jalan di daerah Jawa Barat.

"UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN di jalan besar antar kota antar propinsi yang berliku dan banyak melewati jurang, Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi baru pagar pembatas jurang bersilinder putar. Pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. ia mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan. Sementara teknologi ini adalah buatan Korea Selatan. Semoga solusi ini membuat jalanan kita lebih aman. Hatur Nuhun," tulis Emil dalam akun instagramnya.

Sebenarnya teknologi itu bukanlah hal baru. Negara tetangga pun pernah menerapkan hal serupa. Bedanya, tabung silinder atau mirip tong ini dipasang di beberapa ruas tol negeri jiran.

Belum jelas nantinya pembatas tong itu akan dipasang di mana saja. detikOto masih mencoba menghubungi Kang Emil namun belum mendapat respon hingga saat ini.


Ide tersebut muncul pertama kali dari Kementerian Pekerjaan Malaysia pada Oktober 2016 dan pembatas tersebut disuplai dari Korea Selatan, ETI.

Pembatas tersebut terdiri dari pipa baja dan terdapat sebuah tong plastik di tengahnya. Peran tong-tong tersebut berperan untuk menyerap energi tumbukan saat terjadi tabrakan dan mendorong kembali mobil ke jalan.

Kementerian Pekerjaan Malaysia menyebut ujicoba tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan di jalan. Lokasinya dipilih karena banyak terjadi kecelakaan di sana.

Di Malaysia sendiri ujicoba penggunaan tong ini sudah dimulai sejak akhir 2016 Tong-tong itu terpasang sepanjang 100 meter.

[Gambas:Instagram]



Saksikan juga video 'Blak blakan Ridwan Kamil: Bawa Cinta ke Panggung Politik':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed