Selasa, 06 Mar 2018 12:30 WIB

Setelah Bekasi, Ganjil Genap Mau di Tol Mana Lagi?

Ruly Kurniawan - detikOto
Suasana tol Bekasi (Foto: Trio Hamdani) Suasana tol Bekasi (Foto: Trio Hamdani)
Bekasi -

[Gambas:Video 20detik]

Para pengendara roda empat pribadi sebentar lagi tidak boleh asal masuk ke gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Soalnya, pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat akan diberlakukan pembatasan operasi kendaraan menggunakan mekanisme ganjil genap di lajur Jakarta-Cikampek.

Selain Bekasi bagaimana dengan daerah lain? Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa pembatasan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di ruas tol.



Dirinya pun menyebut akan terus mengevaluasi kebijakan tersebut bersama beberapa pihak terkait menggunakan model simulasi. Kemungkinan, apabila berjalan efektif tidak menutup kemungkinan beberapa ruas jalan tol akan diberlakukan hal serupa.

Infografis Pembatasan Kendaraan di Tol BekasiInfografis Pembatasan Kendaraan di Tol Bekasi Foto: Tim Infografis, Kiagoos Auliansyah


"Dua jalan itu yang kita ganjil genap, nanti kita akan evaluasi berdasarkan model simulasi yang sudah dibuat. Apakah nanti Pondok Gede akan diberlakukan ganjil-genap juga, lihat saja," kata Budi di Bekasi.



"Kita lihat dulu seberapa efektif dan di model simulasi itu juga bakal terlihat jalur mana yang terhambat," tambahnya.

Senada dengannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga menuturkan hal yang sama. Bila dilihat ada wilayah lain yang mengalami pembengkakan volume kendaraan, kebijakan serupa bisa jadi diberlakukan.

"Kita punya model, dan model ini bergerak sesuai dengan kendaraan secara rill. Dari sini kita bisa lihat bagaimana volumenya dan akan buat policy dimana ada titik-titik kemacetan. Karena kemacetan itu menimbulkan high cost juga," katanya (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Baru Pramugari Garuda

    Mobil Baru Pramugari Garuda

    Selasa, 11 Des 2018 13:50 WIB
    Garuda Indonesia memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional para awak kabin. Garuda memilih varian GLS MT dengan warna Sterling Silver Metallic.
  • Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Selasa, 11 Des 2018 13:24 WIB
    Recall bisa terjadi pada mobil apa saja. Produsen mobil sport asal Italia Lamborghini mengumumkan akan menarik salah satu model lama, Gallardo.
  • Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Selasa, 11 Des 2018 12:20 WIB
    Pramugari dan awak kru maskapai flag carrier Indonesia, Garuda Indonesia bakal naik mobil operasional baru. Mobil itu adalah mobil MPV Mitsubishi Xpander.
  • Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Selasa, 11 Des 2018 12:11 WIB
    Jepang terkenal dengan mobilnya yang sangat efisien. Namun mobil terbaik di negara Jepang ternyata bukan mobil buatannya sendiri, melainkan buatan Swedia! Volvo