Minggu, 18 Feb 2018 08:29 WIB

Bus Rakitan Indonesia Sudah Melanglang Buana

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Laksana Legacy SR 2 XHD Prime Foto: Laksana Laksana Legacy SR 2 XHD Prime Foto: Laksana
Jakarta - Sampai saat ini mobil asli buatan Indonesia belum jelas kepastiannya. Namun bicara karoseri, industri karoseri Indonesia sudah merambah pasar global.

Adalah Karoseri Laksana, yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah, sejak sekitar tahun 2008 sudah mengirim bus rakitannya ke Fiji, sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik.

"Kira-kira 10 tahun lalu, sampai sekarang total yang sudah di ekspor 170-an unit," ujar Director Karoseri Laksana, Iwan Arman, kepada wartawan, di Ungaran, Jawa Tengah.

Bus yang dikirim oleh perusahaan karoseri yang sudah berumur sekitar 40 tahun ini, kebanyakan jenis bus turis. "Macam-macam. Atau bus antar kota antar provinsi," tambah Technical Head Manager, Karoseri Laksana, Stefan Arman.

Saat ini, lanjut Iwan mengaku, pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan Bangladesh, yang juga tertarik dengan bus rakitan Laksana.

Namun niatan ekspor ke Bangladesh itu kembali ditegaskan Iwan baru dimulai. Artinya belum 100 persen pasti. Ditambah dengan biaya-biaya lainnya yang cukup menjadi penghambat.

"Ya ini dalam proses ngurus izinnya," lanjut Iwan.

Untuk itu, Iwan belum bisa memastikan berapa unit yang nantinya akan dikirim. Yang pasti pihak Bangladesh sudah melakukan survei ke Indonesia. "Mestinya banyak, dan kebetulan yang rekomendasi dari Scania, dia diler Scania juga di sana, dia sudah ninjau ke sini juga," paparnya.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed