Minggu, 14 Jan 2018 17:02 WIB

Soal Metromini, Sandiaga: yang Tidak Layak Jalan Akan Ditindak

- detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku cukup prihatin dengan Metromini. Menurutnya, banyak armadanya yang sudah tak laik jalan sehingga menimbulkan polusi yang cukup mengganggu.

Sandi mencontohkan, saat lari pagi dari rumah dinasnya ke Balaikota, dirinya mendapati deretan Metromini di samping Stasiun Sudirman Baru. Tindakan tegas, kata dia, bisa saja dilakukan.

"Tadi pagi saat berlari bersama Satpol PP, kami masih melihat ada bus-bus ngebul yang asap emisinya menimbulkan polusi. Untuk itu, kami akan rutin melakukan inspeksi mendadak bus-bus, yang tidak layak jalan akan ditindak," kata Sandi lewat akun Instagram resminya.


Diungkapkannya, Pemprov DKI sebenarnya ingin membantu menata Metromini di Jakarta. Namun begitu, perlu perbaikan perilaku dari para sopir angkutan berwarna khas oranye tersebut agar lebih disiplin.

"Kita ingin bahwa kita membantu tapi harus ada kedisiplinan juga dari mereka. Jadi ini ada dialog yang baik, saya sudah terjunkan tim mudah-mudahan akan lebih baik," ujar Sandi.



Bicara soal polusi akibat usia kendaraan yang sudah tua, menurutnya hal tersebut memang harus segera dibenahi.

"Lari dari rumah menemui beberapa Metromini asapnya ngebul, polusi. Saya sudah catat beberapa tadi di depan Stasiun Sudirman Baru," tandas Sandi.


Sebagai informasi, 2018 sendiri adalah tahun terakhir masa beroperasinya angkutan tersebut. Penarikan Metromini dilakukan Dishub DKI Jakarta secara bertahap. Caranya dengan tidak lagi mengeluarkan izin operasi yang baru, sehingga armada metromini akan hilang satu per satu dengan sendirinya.


Jika mengacu pada aturan yakni Peraturan Daerah No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi, seharusnya Metromini sudah tak beroperasi sejak 2016 lalu. Namun demikian, Dishub DKI Jakarta memberikan kelonggaran untuk pengusaha Metromini.


(idr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed