Minggu, 07 Jan 2018 13:03 WIB

Sisir 200 Meter di Gatsu, Rokhim Kumpulkan 1,5 Kg Ranjau Paku

Muhammad Idris - detikOto
Ranjau paku di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Dok. Rokhim Ranjau paku di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Dok. Rokhim
Jakarta - Hanya menyisir jalan sepanjang sekitar 200 meter di dekat pintu tol Senayan, Jalan Gatot Subroto (Gatsu), Jakarta, Rokhim, salah seorang pegiat Komunitas Saber, berhasil mengumpulkan paku dari rangka payung sebanyak 1,5 kilogram.

Jika melihat dari lekukannya, paku-paku tersebut memang sengaja disebar di jalanan sebagai ranjau untuk para pengendara motor.



"Ini saya nyisir dari jam 9.00-10.00 hari Sabtu (06/01/2018), di dekat gate (tol) Senayan. Sekitar 200 meter, sudah dapat paku payung 1,5 kg. Ini pakunya dari besi batang payung yang dibengkokkan," kata Rokhim kepada detikOto, Minggu (07/01/2018).

Bermodalkan alat dari susunan magnet yang dibuatnya sendiri, dirinya berinisiatif menyapu ranjau paku di Gatot Subroto tersebut lantaran seringnya bikers yang mengalami kebocoran ban saat berada di sekitar pintu tol.



"Di daerah ini kan salah satu yang paling rawan di Jakarta. Ini berat paku yang dikumpulkan 1,5 kilogram karena pakunyan payung, jadi beratnya ringan. Kalau di tempat lain, bisa 2-4 kg sekali sisir karena pakunya paku besi," ungkap Rokhim.

Soal kekhawatiran berselisih dengan oknum penyebar ranjau, dia mengaku tak terlalu mengkhawatirkannya.

"Ya namanya risiko pasti ada, dilempar batu atau apa. Tapi ya untuk apa takut kalau untuk kebaikan," ujar Rokhim. (idr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed