Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 21 Oktober 2017, 16:23 WIB

Ini Penyebab di Gerbang E-Toll Suka Macet

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Penyebab di Gerbang E-Toll Suka Macet Pembayaran pintu tol non tunai atau E-Toll Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Penerapan pembayaran biaya tol non-tunai diklaim kerap memperlambat dan membuat macet saat ingin melewati pintu tol, rupanya bisa saja terjadi akibat kelalaian kita sebagai pengendara lho Otolovers.

Corporate Secertary PT Jasa Marga (PERSERO) Tbk, M. Agus Setiawan, menerangkan bahwa kemacetan yang dianggap akibat penerapan non-tunai, dirasa tidak benar.

"Biasanya memang karena saat ini belum pakai e-toll menggunakan kartu tanda elektronik itu memang perlu pembacaan sekitar 3-4 detik dari alat kita, nah pengguna jalan atau kita semua biasanya saat men-tap kartu itu di alatnya itu biasanya nggak sabar," Terangnya kepada wartawan, di Jakarta.

Karena tidak sabar, maka biasanya kata Agus, semakin membuat proses pembayaran non-tunai semakin lama. Sebab, saat men-tab kartu ada penyesuain antara kartu dengan alat bacanya.

"Jadi belum terbaca lengkap kartu sudah diangkat, akhirnya dibalikin lagi, padahal harusnya didiamkan, jadi setelah kartunya terbaca penuh barulah pintunya terbuka. Tapi kalau misalnya terbaca belum sempurna lalu digesek-gesek atau lainnya akan semakin lama," tuturnya.

Selain itu pastikan juga apakah tol yang dilewati sudah 100 persen menggunakan penerapan pembayaran non-tunai atau belum.

"Contoh kasus seperti di Cileunyi katanya macet karena pemberlakuan e-toll 100 persen. Padahal di Cilunyi saat ini belum 100 persen. Ternyata penyebabnya itu karena biasanya kalau weekend lebih padat dari hari biasa," kata Agus. (khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed