Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 16:00 WIB

Ini Pengganti Metromini di Jakarta

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Pengganti Metromini di Jakarta Foto: Pool (Transjakarta)
Jakarta - Seiring dengan perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Jakarta, pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan dua transportasi umum dalam bentuk bus non koridor sebagai pengganti Metromini.

Berdasarkan penelusuran detikOto, bus pengganti Metromini ini merupakan angkutan umum yang dikeluarkan PT TransJakarta dan akan disapa Minitrans dan Metrotrans.

Hubungan Masyarakat PT Transjakarta, Wibowo menjelaskan perbedaan antara Minitrans dan Metrotrans yang akan beroperasi di Jakarta.

"Dinamakan Minitrans, salah satu angkutan umumnya, ia akan menggantikan fungsi Metromini yang telah menemani warga Jakarta beberapa tahun silam yakni sebagai pengumpan atau feeder," kata Wibowo.

Dalam artian, lanjut Wibowo. Minitrans ini akan menjadi angkutan umum yang menghubungkan para penumpangnya dari beberapa titik bus stop ke halte TransJakarta. Bedanya, bus angkut tersebut akan menjadi lebih modern dan seksi pada eksterior dan interiornya.

Ini Pengganti Metro Mini di JakartaKendaraan transportasi terbaru MetroTrans Foto: Pool (Transjakarta)



Sedangkan yang satunya, Metrotrans, kata Wibowo. Merupakan versi besar dari Minitrans.

"Bila dilihat dari muatannya, jelas Metrotrans lebih panjang dan luas daripada Metromini modern (Minitrans-Red) milik PT TransJakarta tersebut. Namun secara fungsi, ternyata angkutan ini cukup berbeda yakni Metrotrans dapat berfungsi sebagai angkutan yang mengantar penumpang ke satu tujuan tertentu (masih sesuai rute). Jadi Metrotrans memiliki fungsi berbeda dibandingkan dengan Minitrans. Jadi Metrotrans juga bisa berhenti di titik pemberhentian Transjakarta (dalam jalur Transjakarta-Redd)," tambahnya. (lth/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed