Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 09 Oktober 2017, 18:31 WIB

Isi BBM Siang Hari Berkurang Liternya karena Penguapan?

Ruly Kurniawan - detikOto
Isi BBM Siang Hari Berkurang Liternya karena Penguapan? Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Banyak pengendara yang menghindari mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di siang hari karena beranggapan BBM akan berkurang takarannya karena penguapan.

Hal ini langsung detikOto tanyakan ke Arif Budiman selaku kepala SPBU Pertamina di kawasan Rasuna Said, Jakarta. Dia mengungkapkan hal tersebut benarlah adanya. Namun penurunan liter bensin akibat memuai tidaklah signifikan.

"Sangat memungkinkan (bensin menguap pada siang hari-Red). Karena bensin kan sifatnya cairan, bila dispenser suhunya berubah bensin dapat memuai. Tapi tidak signifikan kok pengurangannya," kata Arif kepada detikOto di SPBU Pertamina Rasuna Said.

Arif mengatakan Pertamina sudah membuat prosedur yang sangat ketat untuk meminimalisir hal tersebut. Antara lain dispenser telah dilengkapi teknologi guna bensin mengendap dengan sempurna. Sehingga walau jumlah liter dengan massa dapat berbeda, skalanya kecil yakni hanya beberapa mili liter saja.

"Treatment dari Pertamina bagus ya sehingga paling kalau ada penguapan hanya mengurangi beberapa mili saja. Semisal isi 20 liter, paling kalau di siang hari jadinya 19,8 liter. Nggak sampe terkuras besar," ungkap Arif.

Akibat fenomena tersebut, Arif mengaku masih ada beberapa konsumennya yang protes bahwa liter dalam kendaraannya terkadang tidak sesuai dengan yang dipinta.

"Masih ada beberapa yang protes sih karena pengisian dinilai tidak sesuai. Tapi setelah kita buktikan dengan langsung sama-sama ngecek, baru deh dia tahu kalau kami tidak melalukan kecurangan, hanya saja memang ada penguapan. Lagipula pengurangan akibat hal tersebut tidak signifikan juga," tutur Arif.

"Jadi, agar lebih maksimal dalam pengisian bensin lebih baik dilakukan pagi atau malam hari, ketika panas tidak terlalu menyengat. Sehingga tidak ada penguapan atau pemuaian dan literan bensin akan sesuai dengan massa atau yang diinginkan," tutupnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +