Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 10 Juli 2017, 18:20 WIB

Susi Waspadai Modus Baru Pencurian Ikan di Laut RI

Ardan Adhi Chandra - detikOto
Susi Waspadai Modus Baru Pencurian Ikan di Laut RI Foto: Dok. KKP
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mewaspadai adanya modus baru pencurian ikan di laut Indonesia. Modus baru tersebut kali ini tak lagi menggunakan kapal berbendera asing.

Modus pencurian ikan di laut Indonesia dilakukan dengan menjual ikan di luar zona laut Indonesia. Praktik ini mulai ramai ditemui setelah Susi tegas menindak kapal asing yang mengambil ikan di laut Indonesia.

"Kami catat banyak perusahaan Indonesia yang tangkap di wilayah kita tapi tangkapannya transhipment di high seas. Ini kendala baru," jelas Susi saat membuka Rakornas Satgas 115 di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Pihak asing rasanya tak kehabisan akal, sehingga mereka merayu nelayan Indonesia untuk menjual hasil tangkapannya di luar laut Indonesia.

"Mereka melakukannya di high seas di luar wilayah kedaulatan Indonesia," tambah Susi.

Untuk mencegah maraknya praktik tersebut, Susi meminta semua pihak dan juga Satgas 115 meningkatkan koordinasi. Sehingga praktik ini bisa dicegah sebelum kapal Indonesia menjual hasil tangkapannya secara tidak resmi.

"Kita konsisten dan barisan kita rapatkan dengan adanya modus baru kita harus antisipasi banyak transhipment di high seas, bukan di perairan kita," tutur Susi. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed