ADVERTISEMENT
Selasa, 01 Sep 2015 08:22 WIB

Honda Vario Berasap Setelah Di-Oversize

Andriyanto - detikOto
Jakarta - Hallo detikoto, saya mau bertanya soal motor Honda Vario Techno 110 milik saya. Motor baru selesai dimodifikasi dengan di-oversize menjadi 50 dari 25. Setelah dipasang motor masih tetap mengeluarkan asap pada knalpot apalagi pada saat tanjakan asapnya banyak yang keluar.

Solusinya bagaimana ya?

Tipe Motor: Honda Vario Techno 110
Kilometer: 67529.6
Jefry Carolus
Ambon
 

Jawaban:

Salam detikOto, salam kenal Mas Jefry

Menjawab pertanyaan yang mas Jefry tuliskan mengenai asap ngebul dari knalpot perlu diketahui dahulu warna asap yang keluar apa? Hitam atau putih?

Kalau berwarna putih, maka ada indikasi bahwa ada oli yang terbakar, nah kalau melihat history motor baru di-oversize, maka kemungkinan terjadi kebocoran oli di ruang bakar yang disebabkan karena oil seal valve rusak. Solusinya tentu harus diganti paking head cylinder 1 set termasuk oil seal valve nya.

Tapi kalo oil seal sudah diganti masih ngebul putih, bisa di sebabkan karena ada endapan oli di dalam knalpot yang mana pada saat mesin dinyalakan oli yg menempel di dalam knalpot ikut terbakar dan menyebabkan asap putih, untuk ini solusinya harus cuci kenalpot dengan air dan deterjen.

Kalau kedua langkah diatas sudah dilakukan namun masih ngebul putih, ada kemungkinan masih ada keausan di blok silinder/piston.

Sebaiknya di overboss atau ganti blok silinder dan piston baru dengan ukuran standar.

Namun kalau asap yang keluar warna hitam ini indikasi bahwa motor terlalu boros, solusinya lakukan penyetelan ulang di karburator.

Demikian jawaban dari kami, Semoga bermanfaat.

Terima kasih
Andriyanto
Ahass Bintang Motor

(ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com