Senin, 14 Jul 2014 08:50 WIB

Motor Honda CBR150R StreetFire Sering Restart Sendiri

- detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya ingin berbagi mengenai permasalahan motor injeksi Honda yang saya punya. Motor injeksi Honda saya tepatnya CB150R StreetFire mengalami restart sendiri pada saat dinyalakan.

Dan pada saat saya service di bengkel AHASS tempat saya tinggal, dari mekanik tersebut hanya bilang 'Mungkin mesin motor bapak belum panas'.

Jelas sampai saat ini saya masih belum puas dengan jawaban tersebut. Dan sekarang lampu indikator digital saya sering mati sendiri dan sulit untuk dihidupkan.

Dan saya mempunyai rekaman atas masalah saya ini. Bukan hanya itu untuk bagian mesin menjadi kasar, seperti mengerung klotok-klotok kecil.

Demikian informasi yang saya sampaikan. Mohon bantuannya atas permasalahan saya ini..
Atas bantuan dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Maulana Cahyadi
Email

Jawaban:


Selamat pagi Pak Maulana Cahyadi. Salam detikOto, terimakasih atas email konsultasi yang dikirimkan ke redaksi detikOto.

Menanggapi konsultasi bapak mengenai motor CB150R milik bapak, saya ingin mencoba membantu memberikan sedikit analisa.

Saya ingin tanya apakah kondisi aki motor bapak masih dalam kondisi baik? (aki yg baik/normal memiliki tegangan 12,5 - 15Volt).

Kenapa saya tanyakan ini? Karena aki merupakan salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk motor yang menggunakan pengapian sistem injeksi seperti CB150R, sebab sumber arus listrik utama adalah dari aki.

Apabila kondisi tegangan aki di bawah standar maka akan berdampak pada tidak normalnya mesin motor baik saat langsam maupun saat dikendarai, apalagi bapak bilang lampu indikator kadang mati & susah hidup ini karena arus dan tegangan aki yang mungkin lemah atau tidak stabil.

Menjawab pertanyaan kedua, mengenai suara mesin yang berisik harus dicek secara langsung timbulnya suara kasar itu dari sisi mesin bagian atas, kanan atau dari sebelah kiri, kadang-kadang ada suara mesin yang masih dalam batas normal menurut pabrikan.

Namun apabila suara mesin tersebut terlalu kasar sebaiknya dicek langsung ke diler/Bengkel Resmi Honda kepercayaan Anda agar di periksa lebih detail, apalagi kalau masih dalam masa garansi, pasti akan dibantu proses pemeriksaan dan perbaikannya.

Demikian sharing dari saya semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto

(ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed