ADVERTISEMENT
Kamis, 10 Jul 2014 09:30 WIB

Kenapa Ban Selalu Bocor Tiap 2 Bulan Sekali?

- detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya Dani, saya memiliki motor yang anehnya ban (ban dalam) selalu bocor setiap 2 bulan sekali.

Padahal saya tidak mendapati bekas paku di ban saya, bocornya ban selalu terjadi ketika motor dipakai untuk membonceng orang lain, apa ini karena bobot motor yang terlalu berat atau karena usia ban luar saja?

Ban motor saya sudah dipakai selama 5 tahun, tapi dalam pengamatan saya, kondisi ban masih cukup baik. Berapa usia yang wajar untuk ban luar?

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Terima kasih
Dani
Jakarta

Jawaban:

Halo mas Dani, salam kenal dan salam detikOto.

Masalah Anda mengenai ban motor yang sering bocor tiap 2 bulan sekali hampir sama dengan problem yang saya alami di motor Vario Techno 110 milik saya.

Saya sendiri mengalami pengalaman yang sama dengan Anda dan sekarang masalah itu sudah teratasi setelah saya mengganti ban luar motor saya dengan ban tubeless.

Hal ini saya lakukan karena pada saat saya cek titik kebocoran sering terjadi di area yang sama dan saat saya teliti dengan memeriksa bagian dalam ban luar terdapat garis-garis kasar hasil produksi pabrik (lapisan kawat ban luar ada yang kelihatan), hal ini lah yang membuat ban dalam saya menjadi sering bocor yang disebabkan oleh gesekan antara ban dalam dengan sisi dalam ban luar saya.

Karena tipe pelek motor saya model racing, saya memutuskan untuk mengganti saja dengan ban luar yang tipe tubeless karena menurut saya ini lebih simple sehingga mudah perawatannya.

Nah kalau tipe pelek motor Anda dengan jari jari, perlu Anda lakukan pemeriksaan dahulu kebocoran ban Anda terjadi di bagian ban dalam yang menempel dengan sisi dalam ban luar atau yang menempel pada pelek roda?

Kalau hasil cek sama dengan saya diatas, maka solusinya ganti saja ban luar Anda, tapi kalau bagian bocornya di sisi yang menempel dengan pelek, Anda bisa berikan solusi dengan menambahkan potongan ban dalam ke pelek motor Anda secara melingkar untuk menghindari atau mengurangi gesekan ban dalam dengan pelek roda Anda, semoga dengan cara tersebut masalah Anda teratasi.

Untuk usia ban luar tidak bisa diprediksi atau disamakan untuk setiap motor, karena tergantung pemakaian dan medan yang di lalui, kalau medan yang dipakai sering di jalan raya, biasanya pemakaian bisa mencapai sekitar 10.000 s/d 15.000 km sudah mulai perlu diganti.

Diganti dalam hal ini bukan saja karena ban sudah mulai gundul (alus), tetapi karena alur kembang ban sudah mulai tidak rata yang bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto



(ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com