Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 20 Juli 2017, 00:00 WIB

Begini Eksotisnya Benteng Pertahanan Wasile di Halmahera

Advertorial - detikOto
Begini Eksotisnya Benteng Pertahanan Wasile di Halmahera
Jakarta -

Perjalanan Tim Terios 7 Wonders - Wonderful Moluccas (7WWM) menyusuri Maluku Utara masih berlanjut. Usai menguak pesona Taman Nasional Aketejawe Lolobata, tim bersiap menuju Wonders berikutnya, yaitu benteng pertahanan Jepang di Wasile.

Lokasi benteng ini di Desa Hate Tabako, Wasile Tengah, Halmahera Timur. Tepatnya sekitar 50 meter dari pesisir pantai Halmahera Timur.

Menempuh perjalanan sekitar 1 jam, tim sampai di Desa Hate Tabako, Wasile Halmahera Timur. Semua merasa takjub dengan benteng buatan Jepang yang telah berdiri sejak perang dunia ke-2. Benteng ini masih berdiri kokoh meski beberapa bagian rusak karena abrasi laut.

Sekitar 600 meter ke arah dalam, terdapat bunker-bunker berstruktur beton dan kerangka besi yang memiliki 4 pintu dan 2 ruangan. Tiap-tiap ruangan dihubungkan dengan lorong panjang.

Pada masanya, bunker ini digunakan pasukan Jepang saat Perang Pasifik berkecamuk pada 1943 - 1945. Bangunan seperti ini juga tersebar di beberapa titik di Halmahera, seperti di Kao, Galela dan lainnya.

Selain bunker, tim juga mendapati meriam tempur Jepang di kawasan ini. Moncong meriam menjadi saksi bisu pertempuran pasukan Jepang dan sekutu 1943 - 1944. Tampak bagian moncong sengaja dirusak oleh pasukan sekutu agar tidak berfungsi. Seperti diketahui kawasan ini dibombardir oleh pasukan sekutu pada 1944 silam.

Begini Eksotisnya Benteng Pertahanan Wasile di Halmahera

"Di sekitar Wasile, dahulu masih banyak titik meriam tempur seperti di Hate Tabako. Hanya tinggal satu saja yang masih terpelihara. Butuh pihak terkait untuk memelihara agar tetap ada," tukas warga Hate Tabako, Kelong Totomo.

Ada juga bunker persembunyian di sini dengan 20 pintu rahasia. Bunker yang berada di Kao dan Tobelo ini terbuat dari tanah liat yang dipahat apik yang pintu-pintunya saling terhubung.

(adv/adv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed