Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 03 April 2018, 10:32 WIB

Motor Pakai Oli Mobil Diesel Supaya Kencang, Mitos atau Fakta?

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor Pakai Oli Mobil Diesel Supaya Kencang, Mitos atau Fakta? Ilustrasi motor ganti oli. Foto: Khairul Imam Ghozali
Bogor - Kreativitas orang Indonesia memang unik. Salah satu di antaranya adalah menggunakan oli mobil diesel ke sepeda motor agar peformanya 'luar biasa'. Disebutkan, katanya kinerja dan daya tahan mesin mampu meningkat karena oli yang digunakan adalah pelumas mobil-mobil niaga.

Dikonfirmasi oleh beberapa wartawan, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo memaparkan bahwa kejadian tersebut tidaklah benar. Malahan, hal itu membuat mesin motor semakin cepat aus dan rusak.



"Wah, bisa cepat aus itu mesinnya kalau mesin bensin dipakaikan oli diesel," ujarnya beberapa waktu lalu di Bogor, Jawa Barat.

"Memang, oli mesin diesel ada aditif yang bisa membersihkan mesin tapi kalau dimasukkan ke mesin bensin malah membuat mesin itu cepat aus. Ya, memang nanti bersih, tapi ampas pembersihannya akan menumpuk di piston," lanjut Agung.



Dikatakan juga olehnya, kerak-kerak tersebut juga akan terlihat pada bagian dalam ruang pembakaran dengan warna abu-abu menyerupai serbuk garam. Untuk itu, ia menyarankan kepada pengguna kendaraan agar menggunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi supaya usia mesin menjadi lebih awet dan mendapatkan performa maksimal.

"Aditif pembersih berlebihan kalau masuk ruang bakar akan tertinggal kerak warna abu-abu, seperti garam yang menempel dan merusak mesin. Jadi lebih baik gunakan pelumas yang sesuai dengan kapasitas dan sewajarnya saja," tutup Agung. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed