Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 23 Januari 2013, 12:03 WIB

Ini 6 Tips Mobil Hadapi Banjir ala Suzuki

- detikOto
Ini 6 Tips Mobil Hadapi Banjir ala Suzuki dok-suzuki
Jakarta - Ibu kota Jakarta diprediksi masih akan terus dilanda hujan hingga awal Februari 2013. Sudah pasti anda sebagai pengendara harus benar-benar mempersiapkan kendaraan anda sebaik-baiknya.

Pasalnya banjir masih akan terus menghantui kota Jakarta, seperti beberapa waktu lalu. Nah untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan , PT.Suzuki Indomobil Sales 4W Service coba memberikan tips untuk tetap menjaga kendaraan anda dalam menghadapi banjir.

Seperti berita acara yang diterima detikOto, Rabu (23\/1\/2013). Hal utama yang harus dilakukan pengendara roda empat, apabila datangnya musim penghujan.

Dengan mengikuti informasi mengenai area atau wilayah mana yang berpotensi adanya banjir. Sehingga anda sebagai pengendara pun dapat mengatur perjalanan dengan menghindari area atau wilayah tersebut.

Namun apabila perjalanan benar-benar diperlukan, ada baiknya pengemudi memperhatikan beberapa tips untuk menghadapi situasi banjir di jalan, sebagai berikut.

1. Jangan mengemudi melewati area banjir kecuali benar–benar diperlukan. Dan pastikan anda mengetahui kondisi ketinggian banjir tersebut. Akan tetapi ada baiknya anda segera putar balik mobil anda dan cari rute lainnya.

2. Bila tidak ada rute lain cari tempat yang lebih tinggi dan tunggu banjir hingga surut.

3. Pastikan tidak melewati kedalaman air yang lebih dalam dari knalpot atau saringan udara kendaraan anda. Gunakan gigi 1 (manual) atau posisi L (automatic).

4. Tetap menjaga kecepatan kendaraan secara perlahan (stabil) kendaraan anda saat melewati banjir. Jaga putaran mesin anda (jika perlu dengan memainkan kopling) untuk menghindari air masuk dari knalpot.

5. Jika air melebihi kedalaman tersebut (knalpot), sebaiknya jangan dilewati. Karena mengakibatkan air naik (masuk) ke lubang hisap udara (intake), yang mengakibatkan kerusakan lebih banyak dan anda akan terjebak didalamnya (mogok ditengah-tengah banjir).

6. Jika hal terburuk terjadi dan kendaraan anda mati biarkan kap mesin tertutup untuk menghindari air masuk lebih lanjut, segeralah keluar dan kunci kendaraan anda lalu cari tempat yang kering untuk berteduh.
(lth/ady)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed