Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 Juni 2012, 08:57 WIB

Duh, Telapak Kaki Kesemutan Pas Nyetir, Apa Penyebabnya?

- detikOto
Duh, Telapak Kaki Kesemutan Pas Nyetir, Apa Penyebabnya?
Jakarta - Kesemutan pada telapak kaki kiri atau kanan kerap menyerang ketika kita tengah asyik berkendara. Apa penyebabnya?

Kesemutan pada telapak kaki tentu sangat mengganggu aktivitas mengemudi. Bukan tidak mungkin kesemutan bisa mengakibatkan hilang konsentrasi.

Ahli Bedah Saraf dari rumah sakit swasta di Jakarta, dr Roslan Yusni Hasan mengatakan penyebabnya adalah gangguan saraf. Dan penyakit tersebut dinamakan polineuropati.

\\\"Penyebab ganggungan saraf di aliran darah yang namanya polineuropati. Memang gangungan itu paling sering menyerang pengemudi karena kemunduran fungsi. Faktor nutrisi, makanan, usia lanjut. Dan itu sangat rentan,\\\" kata dr Roslan Yusni Hasan kepada detikOto.<\/strong>

Menurutnya untuk pengobatan pertama adalah pola hidup sehat. dr Roslan menyarankan bagi pengidap penyakit tersebut harus-lah makan makanan yang sehat dan juga menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit polineuropati.

Ia menambahkan penyakit tersebut muncul umum terjadi karena faktor usia. Umumnya penyakit tersebut menyerang mulai usia produktif antara 25-50 tahun.

\\\"Saraf pada manusia berusia 30 tahun ke atas paling sering mengidap penyakit tersebut,\\\" imbuhnya.

Pasalnya usia tersebut, seluruh jaringan saraf lain di tubuh sudah mulai rentan dan akan mengakibatkan kesemutan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki.

Namun ia menjelaskan penyakit tersebut tidak parah, akan tetapi sangat mengganggu aktivitas mengemudi. Dan penyakit polineuropati bisa diobati dengan cara minum vitamin yang diperlukan saraf, seperti vitamin.

\\\"Pencegahannya hidup sehat. Minum vitamin B kompleks. Kalau tidak sembuh yang periksa ke dokter saraf agar diteliti,\\\" pungkasnya.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed