detikOto


Head to Head Marquez vs Lorenzo Musim Ini

Doni Wahyudi - detikOto
Kamis, 07/11/2013 15:33 WIB

Getty Images
Jakarta -Keunggulan Marc Marquez atas Jorge Lorenzo bukan cuma poin karena sang rookie juga dominan dalam meraih pole position. Di sisi lain, si rider Yamaha punya lebih banyak kemenangan dan lebih sering memimpin balapan.

Pertarungan sengit Marquez dengan Lorenzo bisa dibilang dimulai pada MotoGP Austin, yang menjadi seri kedua di musim ini. Keberhasilan Marquez jadi juara membuat dia menggusur Lorenzo sebagai pemuncak klasemen. Ketika itu poin keduanya sebenaranya sama 41, namun Marquez berhak di posisi teratas berdasarkan aturan kemenangan terakhir yang didapat.

Lorenzo kembali merebut puncak klasemen setelah dia jadi juara berturut-turut di Italia dan Katalunya. Namun kecelakaan di Jerman, yang membuatnya absen di seri tersebut, membuat rider Yamaha itu kembali disalip perolehan poinnya dan terus tercecer hingga kini.

Menjelang balapan final di MotoGP Valencia di akhir pekan ini, Marquez punya keunggulan 13 poin atas Lorenzo. Kondisi yang membuat pebalap Honda berusia 20 tahun itu dalam posisi lebih diunggulkan. Meski begitu, Lorenzo sejatinya tidak lebih inferior karena dalam beberapa hal lain dia punya catatan lebih baik.

Yang pertama adalah terkait jumlah kemenangan, di mana Lorenzo sudah tujuh kali menjejak podium tertinggi, yakni di Qatar, Italia, Katalunya, Inggris, San Marino, Australia dan Jepang. Sementara Marquez dapat enam kemenangan di Austin, Jerman, Amerika Serikat, Indianapolis, Republik Ceko dan Aragon.

Keunggulan lain Lorenzo atas Marquez adalah terkait jumlah lap dalam posisi memimpin balapan. Dari 17 seri yang sudah digelar, Lorenzo tercatat memimpin balapan sebanyak 202 lap. Sementara Marquez berada di posisi terdepan selama 82 lap saja.

Kalau Lorenzo menguasai hari Minggu (balapan), maka Marquez lebih dominan di hari Sabtu (kualifikasi). Sepanjang musim ini Marquez berhasil berada di pole position sebanyak delapan kali, sementara Lorenzo empat kali start terdepan.

Terkait jumlah kecelakaan yang dialami, Marquez mengalami lebih banyak crash di musim ini. Ditotal dari seluruh sesi latihan bebas, kualifikasi hingga balapan, Marquez tercatat terjatuh 15 kali. Kecelakaan terburuk yang dialami Marquez adalah di Mugello, di mana dia akhirnya gagal melanjutkan balapan.

Sementara Lorenzo cuma jatuh tiga kali di musim ini. Tapi akibat yang ditimbulkan sangat merugikan. Terjatuh di sesi latihan MotoGP Jerman, Lorenzo mengalami retak tulang yang membuatnya absen di seri tersebut. Performanya dalam beberapa balapan berikutnya pun jadi terpengaruh. Demikian diberitakan Marca.

Statistik terakhir terkait kedua pebalap itu adalah soal pengurangan poin. Nilai Marquez sejauh ini sudah berkurang tiga akibat sanksi yang dia terima di Aragon (satu poin) dan Inggris (dua poin). Tapi hukuman terberat yang duterima Marquez tentu saja diskualifikasi yang dia terima di MotoGP Australia karena kesalahan lap saat mengganti motor. Lorenzo? Belum ada sanksi dia terima musim ini. (din/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close