detikOto

Mobil Dul Meraih 4 Bintang Dalam Tes Tabrak di AS

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 09/09/2013 15:25 WIB

Jakarta -Nama Mitsubishi Lancer dalam dua hari ini kembali berkibar. Namun bukan untuk prestasinya, tapi karena kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi. Tapi, terlepas dari masalah itu, bagaimana hasil tes tabrak model ini.

Meski belum diketahui detail mobil yang digunakan Ahamad Abdul Qodir Jaelani (Dul), namun standar keamanan Lancer, pada Lancer model tahun 2012, model ini mendapat bintang 4.

Secara keseluruhan, berdasarkan crash test atau tes tabrak yang dilakukan NHTSA frontal New Car Assessment Program (NCAP) di Amerika, secara keseluruhan Lancer model tahun 2012 mendapat rating keamanan bintang empat.

Tes tabrak frontal dari depan, tes tabrak samping hingga tes terguling, model ini juga mendapat rating 4 bintang.

Pengetesan tabrak sendiri dilakukan selain dengan menabrakkan mobil dari depan dan samping juga menempatkan dummie berbentuk manusia seukuran lelaki dewasa, wania dewasa di jok depan untuk merepresentasikan yang terjadi pada mannusia dan seberapa aman mobil itu.

Mobil kemudian ditabrakkan dengan kecepatan 56,3 km/jam. Sementara untuk tes tabrak samping, pengetesan dilakukan dengan mendorong mobil ke samping dengan kecepatan 32 km/jam ke sebuah tiang berdiameter 25 cm di titik lokasi tempat duduk pengendara.

Pengujian ini dilakukan untuk meniru dan melihat dampak kecelakaan yang melibatkan objek tetap seperti pohon atau tiang listrik.




(syu/ikh)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close