Envogas, BBG Murah dari Pertamina

Rista Rama Dhany - detikOto
Kamis, 05/09/2013 17:51 WIB

Jakarta -Ingin ikut terjun langsung mengurangi konsumsi BBM, PT Pertamina (Persero) gencar mendorong pemakaian bahan bakar gas (BBG). Produk BBG bernama 'Pertamina Envogas' gencar disosialisasikan. Envogas dijual Rp 3.100 per liter setara premium.

Harga BBG ini jauh lebih murah ketimbang bensin premium yang harganya Rp 6.500 per liter. Pertamina tengah semangat untuk menjual produk BBG ini yang juga didukung Menteri ESDM Jero Wacik dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), yang akan mendatangkan banyak bus BBG.

"Pertamina juga mensosialisasikan brand BBG dengan nama 'Pertamina Envogas' yang diharapkan dapat menjadi bentuk aktualisasi semangat Pertamina untuk berinovasi memberikan masyarakat Indonesia sumber energi yang dapat memberi manfaat secara optimal untuk kendaraan bermotor," kata Karen di SPBU-SPBG Daan Mogot, Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Karen mengatakan, hal ini sejalan juga dengan program diversifikasi BBM ke BBG, sebagai upaya mengurangi subsidi pemerintah terhadap BBM serta menciptakan lingkungan yang bersih.

"Kami mengharap adanya kerjasama yang sinergis antara produsen gas dalam hal ini KKKS, gas transporter, badan usaha/investor untuk bersama mendorong suksesnya program ini," ucap Karen.

Ditambahkan Karen, saat ini telah ditandatangani perjanjian jual beli gas antara Pertamina dengan 6 perusahaan minyak yang akan memasok gas untuk transportasi di wilayah Jabodetabek, Jawa Timur, dan Palembang.

"Jabodetabek dipasok dengan volume 18,1 mmscfd (juta kaki kubik feet per hari) yang berasal dari Pertamina EP, PHE ONWJ dan Medco E&P serta JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang," kata Karen.

"Untuk pasokan Jawa Timur dipasok dengan volume 10,2 mmscfd yang berasal dari PHE WMO dan Santos serta untuk Palembang dengan volume 1,35 mmscfd dari Pertamina EP," tambah Karen.

Selain itu, Ditjen Migas dan Pertamina, kata Karen, telah membangun infrastruktur SPBG di wilayah Jakarta, Surabaya, Palembang, Balikpapan hingga akhir 2013 dan akan tersedia juga sejumlah mother station, daughter station, SPBG online dan MRU.

"Diantaranya di Jabodetabek dengan 20 unit, Palembang 5 unit, Surabaya 5 unit, Banten 1 unit dan balikpapan 4 unit," cetus Karen. (hen/syu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close