detikOto


'Produsen Mobil Mewah Ambil Untung Terlalu Besar'

Syubhan Akib - detikOto
Selasa, 30/07/2013 17:10 WIB

Beijing -China kini telah menjadi pasar mobil terbesar di dunia, mengalahkan Amerika Serikat. Bukan hanya dari sisi penjualan mobil secara keseluruhan, penjualan mobil mewah pun juga demikian.

Namun, karena banyaknya mobil mewah yang diimpor dan diedarkan di China dengan margin keuntungan yang tinggi, pemerintah China dikabarkan siap menyelidiki para importir ini.

China diindustri mobil mewah merupakan salah satu negara kunci untuk memperlebar pasar mereka. Di tahun 2020 diperkirakan bakal ada 2,7 juta mobil mewah yang terjual disana. Bandingkan dengan total penjualan mobil di Indonesia yang hanya 1 juta unit tahun lalu, persentase mobil mewah di angka itu pun terhitung kecil.

Kantor berita Xinhua melaporkan kalau harga mobil mewah yang diimpor ke China harganya lebih mahal, bahkan bisa dua kali lipat, harga mobil diluar China.

Seorang pengusaha mengatakan kalau dirinya membeli Audi Q7 di Kanada dengan harga C$ 78.000 atau setara dengan 460.000 yuan (Rp 769,8 jutaan). Dia keget ketika melihat mobil yang sama dijual di China dengan harga sampai 1 juta yuan (Rp 1,6 miliar)

Si pengusaha juga mengatakan kalau perbedaan harga yang sama juga ada di antara beberapa merek lain seperti Jaguar, Land Rover dan BMW.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Mobil Penumpang China Rao Da mengakui kalau menjual mobil impor di China 30 persen lebih menguntungkan.

Pemerintah China memang menerapkan pajak tinggi pada mobil-mobil yang diimpor masuk ke negara itu, tapi di sisi lain para importir juga mengambil margin keuntungan yang tidak kecil.

"Pembuat mobil asing telah memilih untuk menetapkan harga mobil mewah yang terlalu tinggi di China, dimana orang kaya bersedia untuk membeli merek luar negeri yang mahal untuk memamerkan kekayaan mereka, dan dimana tidak ada merek mewah domestik yang bisa bersaing," kata Rao.


(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com