detikOto

Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Perbedaan Mendasar Transmisi CVT

Ajat Sudrajat - detikOto
Senin, 17/06/2013 14:28 WIB

Jakarta -Hallo detikOto, saya ingin mengetahui apa pengertian transmisi continuously variable transmission (CVT) secara umum. Apa yang membedakan transmisi CVT dengan transmisi konvensional matic dan manual lainnya?

Kebetukan dalam mobilitas saya, saya menggunakan kendaraan Honda CR-V 2012 manual. Apakah kendaraan saya sudah menggunakan transmisi CVT?

Terima kasih
Albiansyah

Jawaban:

Hallo kembali Albiansyah,

Transmisi jenis CVT tidak lagi menggunakan gigi atau tidak ada perpindahan gigi, itu salah satu yang membedakan dengan sistem transmisi otomatic konvensional.

Perpindahan kecepatan pada sistem CVT menggunakan sabuk/belt berdasarkan pada perbedaan diameter puli yang dilewati oleh sabuk penggerak. Sementara matic konvensional menggunakan oli dan torque converter untuk menggerakan perpindahan gigi.

Albiansyah mobilnya Honda CR-V manual kan? Kalau manual ya jelas tidak memakai CVT, hanya memakai kopling biasa dengan perpindahan gigi secara manual.

Demikian
Ajat Sudrajat-Twin Garage

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com