detikOto
 
 


Arimbi, MPV Listrik Sekelas Alphard Punya Dahlan Iskan

Syubhan Akib - detikOto
Selasa, 04/06/2013 15:32 WIB

Foto: Electric Car Made in Indonesia
Jakarta -Ambisi Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk mengembangkan mobil listrik buatan putra Indonesia sudah bulat. Setelah mobil sport listrik Selo yang menggantikan Tucuxi, Dahlan juga memperlihatkan sebuah MPV mewah sekelas Alphard.

Mobil memiliki nama yang cukup unik, Arimbi. Desain mobil itu bisa kita lihat di buku Electric Car Made in Indonesia, Karya Pandawa Putra Petir Binaan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.

Kelahiran Arimbi sendiri adalah buah dari usul 'Pandawa Putra Petir' sebuah tim yang berisi insinyur yang dikumpulkan oleh Dahlan untuk menggali potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Pandawa Putra Petir mengusulkan kalau harus ada mobil listrik bermodel van VIP untuk 7 penumpang sebagai salah satu kendaraan di KTT APEC yang akan digelar di Nusa Dua Bali pada Oktober mendatang.

Dahlan pernah mengatakan kalau mobil ini akan diproduksi sebanyak 10 unit untuk mobil operasional KTT tersebut.

Dan karena ini dibuat untuk kendaraan operasional KTT APEC, maka desainnya pun dibuat mewah agar sesuai dengan keistimewaan KTT tersebut.

"Mobil listrik ada 3 tim lagi bekerja keras. Mobil akan dipakai KTT APEC bulan Oktober. Ada bis vip sebanyak 8-10 mobil, ada mobil vip kelas Alphard 5 biji, mobil kelas minibus carry 10 unit, 1 unit mobil sport yang dikembangin Ricky," sebut Dahlan Iskan beberapa waktu lalu.

Sekilas jika melihat desainnya mobil ini mirip dengan konsep penerus mobil VW Kombi yakni Bulli yang gagal diproduksi Volkswagen.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close