detikOto
 
 


Di Undang-undang Tidak Ada Kata STNK Sementara

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 17/05/2013 21:57 WIB
Halaman 1 dari 2

Jakarta -Belakangan ini terjadi kekosongan material BPKB dan STNK di Samsat seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini sungguh mengherankan. Terlebih, di Undang-undang No 22 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tahun 2009 tidak tercantum sama sekali kata BPKB dan STNK 'sementara', seperti yang saat ini polisi berikan.

"Berdasarkan aturan undang-undang, STNK itu tidak ada yang sementara. Ini membuat kebingungan," kata Pengacara David M.L Tobing, Jumat (17/5/2013).

"Yang sementara itu, STCK (Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor)," tambahnya.

Habisnya materiil pembuatan STNK dan BPKB yang membuat polisi harus lebih dahulu memberikan surat keterangan terungkap dari Surat Telegram Kapolri No : STR /72/II/2013 Tanggal 14 Pebruari 2013 yang baru dipublikasi di situs TMC Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

Dalam surat tersebut tertulis kalau untuk mengatasi kekurangan Materiil BPKB yang diperkirakan habis pertengahan Bulan April 2013, sebagai pengganti akan diterbitkan surat keterangan sementara yang berlaku maksimal 6 Bulan sejak diterbitkan.

Surat keterangan BPKB dan STNK sementara itu menurut kepolisian sah dan sudah teregistrasi semua. Jika materialnya sudah datang, surat keterangan sementara akan ditarik kembali dan langsung dicetak BPKB dan STNK permanennya.

Pembaca detikOto Sendrot Vin dalam emailnya juga sepakat dengan David Tobing. Dia mengatakan kalau UU No.22 Tahun 2009 Pasal 68 berbunyi: (1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.Next

Halaman 1 2
(syu/ikh)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close