detikOto

Ada Pebalap Wanita di One Make Race Yamaha Mio J

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 13/05/2013 15:20 WIB

Ada Pebalap Wanita di One Make Race Yamaha Mio J
Subang -Untuk pertama kalinya, ada kompetisi resmi balap matik dimana para wanita ikut menggeber motor standar dalam kelas wanita di One Make Race (OMR) Yamaha.

Srikandi-srikandi itu mengaspal di sirkuit Gery Mang, Subang dengan mengendarai motor injeksi Mio J standar.

Di seri kedua event Matic Race tahun ini, Yamaha mengusung OMR menggunakan Mio J yang diikuti 21 starter wanita dan 15 peserta.

Rata-rata usia starter 14-27 tahun dan termasuk pembalap wanita Indonesia paling senior, Inuk (38 tahun).

Mereka berasal dari berbagai kota - Bandung, Subang, Jakarta, Medan, Sulawesi Selatan, Lampung, Bekasi, Tangerang, Solo, Yogyakarta. Membanggakan karena ini untuk pertama kalinya ada

"Partisipasi Yamaha dengan OMR ini kian menghidupkan lagi balap wanita di Tanah Air. Gairah balap kaum hawa ini harus terus dijaga dan ditumbuhkan karena mereka bagian penting dari dunia otomotif. Untuk itu Yamaha berkontribusi menyediakan Mio J standar sekaligus memupuk talenta-talenta baru," papar Manajer Motorsport Yamaha Indonesia Supriyanto, dalam siaran pers.

OMR Yamaha Mio J perdana khusus wanita ini akhirnya dimenangi pebalap tuan rumah. Pieka dari tim Kanan Kiri Duck’s RT membuktikan kualitas skill-nya menggunakan motor standar.

Start dari posisi kedua dari hasil kualifikasi 1 menit 18.653 detik, Pieka langsung memimpin dari lap pertama hingga garis finis sirkuit Gery Mang, Subang, Minggu (12 Mei 2013).

Dalam enam lap yang ditempuh khusus kelas wanita ini, Pieka menggunakan riding skill-nya untuk mengalahkan pembalap lain.

"Yang penting paham racing line sirkuit dan didukung pengalaman balap. Dengan posisi start di depan juga membantu saya terus di depan. Saya berterimakasih kepada Yamaha yang mengadakan kelas wanita ini sehingga kami punya wadah berkompetisi. Peminatnya terbukti banyak di kelas ini melebihi jumlah peserta yang ditetapkan 15 orang," ujar Pieka, mahasiswi usia 25 tahun ini.

Mio J yang juga laris manis di pasar Indonesia, disukai pula pembalap-pembalap wanita di seri ini. "Bawanya alus, cepat dan power tidak nge-drop. Dan dengan motor standar lebih ketahuan skill nya dan lihat bagaimana pinternya bawa motor. Dari sinilah bisa kelihatan yang berbakat," tutur Inuk.

Hasil OMR Yamaha Mio J – Subang

1. Pieka – Subang (Kanan Kiri Ducks’RT)
2. Inuk – Jakarta (Yamaha TDR AHRS O’Five Moto IBLBC)
3. Diana – Solo (ART TPM O’Five 3993 Racing)
4. Giska Ananda Pratama – Medan (ART Putra Mandiri TPM NHK Racing)
5. Oky Kancil – Lampung (TPM Gajah Lampung)

(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close