detikOto

Mobil Mesin Diesel Berasap Hitam? Ini Solusinya

Aditya Maulana - detikOto
Selasa, 07/05/2013 09:16 WIB

Bekasi -Mobil bermesin diesel terkadang mengeluarkan asap berwarna hitam. Lain dengan mobil bermesin bensin yang asapnya keluar normal. Kira-kira apa yang menyebabkan keluarnya asap hitam pada mobil bermesin diesel?

Service Departement Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Rodko Purba mengatakan asap hitam pada mobil bermesin diesel itu dikarenakan saringan udara dan saringan bahan bakarnya yang sudah bermasalah atau kotor.

"Penyebab utamanya dari filter udara dan filter bahan bakar. Dengan begitu pasti akan keluar asap hitam," kata Rodko di sela-sela acara Workshop Teknologi Mesin Diesel di Trainning Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi.

Lalu bagaimana jika keluar asap hitam, dan apa yang harus kita lakukan?

Rodko menambahkan keluarnya asap hitam pada knalpot itu merupakan karbon kotor sehingga asap menjadi hitam serta knalpot jauh lebih kotor.

"Cara membersihkannya Anda bisa melakukan dengan cara menginjak pedal gas sampai RPM tinggi tapi ingat dalam keadaan mobil diam dan netral. Nah setelah itu biasanya karbon hitam tadi itu keluar dan akan membersihkan. Lakukan itu berulang kali," paparnya.

(ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close