Ini Harga Calon Mobil Tercepat Dunia

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 06/05/2013 15:33 WIB

Jakarta -Setelah menjadi spekulasi dalam setahun terakhir, calon mobil jalanan terkencang di dunia, SSC Tuatara kini ketahuan harganya. Mobil ini akan dilepas di harga US$ 1,3 jutaan atau sekitar Rp 12,6 miliaran.

Chief Officer Shelby SuperCars (SSC), Alan Leverett menjelaskan kalau mobil yang menggendong mesin ganas bertenaga 1.350 hp itu akan mulai didistribusikan pada akhir tahun nanti.

"Harga retail Tuatara di US$ 1.300.000. Pengiriman pertama ke konsumen rencananya di Desember tahun ini atau Januari 2014," kata Leverett seperti detikOto kutip dari GT Spirit, Senin (6/5/2013).

Belum diketahui bagaimana versi produksi mobil ini nanti, sama dengan konsep yang dahulu pernah diperlihatkan atau akan ada perubahan.

Namun yang jelas, SSC berambisi untuk menjadikan Tuatara sebagai mobil produksi terkencang di dunia mengalahkan Bugatti Veyron Super Sport. Sebab pembuat mobil super asal Amerika itu dahulu pernah memegang predikat itu lewat Ultimate Aero yang menjadi mobil tercepat di dunia sebelum dikalahkan Bugatti Veyron.

Nama Tuatara (dibaca twu-tar-ah) terinspirasi dari nama seekor kadal di Selandia Baru yang diambil dari bahasa Maori. Kadal ini memiliki DNA yang yang paling cepat berkembang di dunia. Itulah yang diinginkan Shelby pada supercar terbarunya.

Kemungkinan besar, untuk tubuhnya, SSC Tuatara akan menggunakan bahan carbon fibre baik untuk body maupun sasis. Hal ini untuk menjaga bobot tubuh SSC Tuatara tetap ringan tanpa melupakan kekuatannya.

Sementara dapur pacunya akan diisi oleh sebonggol mesin twin-turbocharged berkonfigurasi V8 yang akan memiliki kapasitas 7.0 liter.

Mesin tersebut lalu dikawinkan dengan transmisi manual 7 percepatan yang akan disalurkan lewat roda belakang. Kabarnya, transmisi ini adalah transimisi yang sama dengan transmisi Porsche 911 terbaru.

Dan untuk kemampuannya, mesin gila tadi mampu menyemburkan tenaga sampai 1.350 tenaga kuda dan kabarnya sanggup membuat SSC Tuatara melesat cepat hingga kecepatan 442,5 km/jam. (syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close