detikOto
 
 


Pemkab Bojonegoro Ikut Sulap Sampah Plastik Jadi BBM

Ainur Rofiq - detikOto
Kamis, 02/05/2013 14:17 WIB
Halaman 1 dari 2

Bojonegoro  -Teknologi penyulap limbah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang banyak beredar di internet menarik perhatian berbagai pihak untuk menjajalnya.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mencoba menerapkan teknologi tersebut untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan solar mesin pembuat pupuk kompos.

Rencananya bank sampah plastik akan dibangun di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, agar sampah plastik nanti tak merusak lingkungan.

Menurut Kepala DKP Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah, dengan ditemukannya terobosan ini diharapkan bisa mengatasi bahan bakar yang saat ini langka dan bakal ada kenaikan harga itu.

"Ke depan kita akan membuat bank sampah, supaya sampah plastik di kantor-kantor bisa kita daur ulang jadi BBM," jelas Nurul Azizah saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (2/5/2013).

Berbekal keuletan dan kerja keras, dan mencari inovasi dan referensi di beberapa tempat dan internet, akhirnya tiga orang pasukan kuning dilibatkan untuk mengolah sampah plastik yang selalu menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA).

Dengan menggunakan alat serta proses yang cukup sederhana, sampah-sampah plastik yang didapat dari TPA dikumpulkan untuk kemudian diproses sesuai dengan petunjuk tata cara yang didapat dari internet.Next

Halaman 1 2
(gik/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com