detikOto

Harga BBM Harus Naik Sebelum Juni

Wiji Nurhayat - detikOto
Selasa, 30/04/2013 13:47 WIB

Jakarta -Pemerintah harus menaikkan harga BBM bersubsidi sebelum Juni 2013. Alasannya, tingkat konsumsi masyarakat pada Juni hingga Juli cukup tinggi karena ada tahun ajaran baru, Puasa dan Lebaran yang akan memicu inflasi tinggi.

"Jadi saya berharap secepat mungkin. Menjadi perhatian kita, bulan Juni dan Juli ada dua siklus konsumsi yang biasanya mendorong inflasi. Yang pertama adalah belanja anak sekolah, ini sering sekali ada denyut nadinya di inflasi dan ini bareng dengan Ramadhan sehingga tekanan inflasinya harus kita perhatikan," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Balai Kartini Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Ia berharap agar program kompensasi kenaikan harga BBM segera dibicarakan dengan kalangan DPR. Cara ini harus cepat dilakukan agar masyarakat berpenghasilan rendah tak terkena dampak signifikan akibat kenaikan harga BBM subsidi.

"Jadi kompensasi harus ditujukan untuk masyarakat rendah terutama untuk dua periode itu. Ini harus mendapatkan perhatian sehingga daya beli tidak berkurang," katanya.

"Harus segera diputuskan daripada uangnya habis dibakar untuk BBM yang dipakai oleh orang kaya. Kalau tidak dinaikkan maka akan terjadi demand yang meningkat makanya kita harus lakukan penyesuaian harga," tambahnya.

Ia menegaskan pihaknya menginginkan agar BBM disalurkan kepada yang berhak untuk mendapatkan subsidi itu. Oleh karena itu penyesuaian harga BBM harus cepat dilakukan agar penambahan subsidi BBM tidak terlalu berlebihan.

"Maka sebagian dari subsidi itu dialokasikan untuk yang lain seperti bagi masyarakat sangat membutuhkan. Patokannya, untuk program kompensasi masyarakat itu butuh persetujuan DPR," jelasnya.

(wij/ikh)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Foto Video Terkait

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com