detikOto

Astra Otoparts Beli Perusahaan Pelek Pakoakuina

Aditya Maulana - detikOto
Senin, 29/04/2013 13:36 WIB

Jakarta -Perusahaan komponen grup Astra, PT Astra Otoparts Tbk memperluas sayap dengan mengakuisisi 51 persen saham perusahan pelek PT Pakoakuina.

Akuisisi dilakukan dengan membeli sebagian saham milik pemegang saham minoritas dan mengambil seluruh saham baru yang dikeluarkan oleh PT Pakoakuina senilai Rp 700 miliar.

Dengan adanya akuisisi ini kepemilikan saham di PT Pakoakuina yang baru menjadi 51 persen dipegang oleh PT Astra Otoparts, 46,75 persen oleh Trikirana Investindo Prima dan Hadi Kasim sebesar 2,25 persen.

PT Astra Otoparts Tbk kini memiliki bisnis komponen otomotif baru yakni pelek untuk kendaraan roda 2 ataupun roda 4 yang diproduksi di pabrik Sunter seluas 3,8 hektare dan di pabrik Karawang seluas 14,5 hektare dengan kapasitas produksi 7,4 juta unit perbulannya.

"Kerja sama seperti ini akan saling tumbuh bersama dan bersinergi untuk senantiasa tumbuh memerangi industri otomotif Indonesia yang terus meningkat," ujar Director PT Triputra Investindo Arya Hadi Kasim di Sunter, Jakarta Utara, Senin (29/4/2013).

Selain itu, dengan investasi sebesar Rp 700 miliar ini PT Astra Otoparts Tbk berniat untuk terus mengembangkan industri komponen otomotif yang kuat dan kompetitif dengan perluasan bisnis di bidang wheel rim serta menjadi mitra strategis untuk pelaku industri otomotif dalam negeri maupun luar negeri.

"Kita juga akan terus meningkatkan kapasitas produksi dari 7,4 juta unit pertahun menjadi lebih dari 10 juta unit lebih pertahun," timpalnya.

"Untuk passenger car akan nambah 2 sampai 2,5 juta unit dan yang alumunium nambah 1 juta unit perbulan. Jika digabungkan bisa menjadi 10 sampai 11 unit," tandasnya.

(ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com