detikOto


Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Honda Vario Techno Susah Menyala Pakai Starter Elektrik

Andriyanto-Bintangmotor - detikOto
Senin, 22/04/2013 17:18 WIB

Honda Vario Techno Susah Menyala Pakai Starter Elektrik
Jakarta -Hallo detikOto, saya mau tanya seputar masalah pada motor saya yang baru berusia sekitar 4 bulan. Saya memakai motor Honda Vario techno 125 PGM-FI keluaran tahun 2012.

Saat kunci kontak dinyalakan ke posisi on, lampu indikator injeksi menyala beberapa saat lalu mati dan tidak berkedip (normal), setelah itu saya ingin menyalakan mesin dengan menekan tombol elektrik starter beberapa saat sampai 4 detik lebih dan hanya terdengar suara putaran mesin lemah tetapi mesin tidak menyala.

Saat servis pertama di bengkel resmi AHASS, kondisi aki dicek dan coba di-charge beberapa saat, lalu oleh mekanik bengkel resmi RPM-nya dinaikkan (karena saya pernah tiba-tiba mati mesin saat sedang berjalan di jalan raya).

Setelah itu, starter elektrik lebih gampang dinyalakan. Tetapi setelah selang beberapa hari sejak selesai servis pertama, masalah yang sama terulang lagi (susah di start elektrik)

Terpaksa saya harus start manual dengan kick start. Kira-kira apa penyebabnya dan penanggulangannya apa ya?

Lalu, hal kedua yang ingin saya tanyakan, apakah dampak positif dan dampak negatif Honda Vario Techno 125 PGM-FI pakai bahan bakar Pertamax Plus dengan keadaan motor standar pabrikan?

Saya memakai bahan bakar pertamax dari awal saya isi bahan bakar, saya juga tidak memodifikasi motor saya, alias masih standar pabrikan.

Terima kasih
Richard

Jawaban

Halo mas Richard salam detikOto.

Menjawab pertanyaan pertama, dari membaca keluhan Bro Richard mengenai stater elektric susah sepertinya karena daya aki yang lemah. Sebab kalau baca kronologinya setelah aki dicas kondisi stater bisa kembali normal.

Menurut saya yang perlu dicari adalah apa yg menyebabkan aki cepat berkurang dayanya, biasanya yang menyebabkan aki lembah ada beberapa hal:

1. Motor jarang dipakai beberapa hari/beberapa minggu, sehingga arus bocor dan kualitas aki menurun karena tidak ada arus masuk.

2. Atau pemakaian kelistrikan yang tidak wajar (misal sering mainin klakson, atau memakai aksesoris kelistrikan tambahan)
3. Ada kebocoran arus listrik yang tidak wajar
4. System pengisian dari kiprok tidak normal
5. Battery sudah tidak normal, alias kondisi sel-sel battery sudah tidak bagus sehingga tidak dapat menyimpan arus listrik dlm jangka lama.

Nah untuk pemeriksaan lebih detail sebaiknya ke bengkel resmi kepercayaan Anda, dan menyampaikan keluhan tersebut tentang kondisi battery mas richard

Untuk pertanyaan kedua, Vario menggunakan pertamax atau pertamax plus gak ada efek negatif sama sekali, malah menurut saya lebih bagus untuk motor tipe injeksi seperti vario125, jadi silakan dipakai terus.

Demikian semoga membantu
Andriyanto, BintangMotor

(ddn/ddn)
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com