detikOto

Suzuki Shooter Takkan 'Bunuh' Titan

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 18/04/2013 07:53 WIB

Jakarta -Produsen motor Suzuki siap melahirkan motor cub (bebek) entry level bernama Suzuki Shooter Fi di awal bulan depan. Banyak yang mengatakan kalau kelahiran Shooter FI akan membuat Titan binasa, namun ternyata hal itu tidak terjadi. Shooter dan Titan akan bergandengan tangan melawan Honda Absolute Revo dan Yamaha Vega.

Motor yang diberi nama Shooter FI ini sendiri menurut rencana akan dilahirkan Suzuki di minggu pertama bulan Mei mendatang. Motor ini akan memasuki segmen entry level yang sudah ditempati oleh Titan.

Namun, walaupun Titan maupun produk baru ini akan menggunakan mesin 115 cc, perbedaan keduanya terletak disistem pengabutan mereka. Titan masih mengandalkan sistem pengabutan dengan karburator sementara Shooter sudah pakai injeksi.

Belum diketahui apakah mesin keduanya sama atau tidak. Namun yang jelas, Titan menggunakan mesin berkapasitas murni 113 cc yang diasup oleh karburator Mikuni VM 18 SH.

Mesin yang memiliki borexstroke 51.0x55.2 itu diatas kertas mampu melahirkan tenaga hingga 8,4 PS di 8.000 rpm dengan torsi 8,9 Nm di 5.00 rpm.

"Shooter datang, Titan juga masih akan kita jual. Jadi tetap ada dua-duanya," kata Marketing-Sales Administration Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Suandi Widiarto kepada detikOto.

Suandi menjelaskan kalau kedua motor itu meski memiliki segmen yang sama tidak akan saling membunuh. Sebab, sistem karburator dan injeksi punya pasar sendiri.

"Kita tetap pertahankan Titan. Karena kan di daerah tertentu masyarakatnya belum terima injeksi. Jadi kita sosialisasi dulu. Kita harus sosialisasi kalau injeksi itu bagus, kuat dan perawatannya murah. Ketakutan sekarang kan ada di daerah-daerah pinggir kota. Kita harus sosialisasi injeksi dulu," papar Suandi.

"Jadi Titan akan kita produksi, sesuai permintaan. Tapi nanti kita dorong masyarakat ke Shooter yang injeksi," lugasnya.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com