detikOto

Kartini Offroad Kembali Digelar

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 15/04/2013 13:34 WIB

Kartini Offroad 2011
Jakarta -Bila ajang garuk tanah alias offroad masih dianggap sebagai domain kaum adam, kaum hawa nampaknya tidak mau kalah. Untuk membuktikan ketangguhan mereka berkendara di jalan ekstrem, para offroader perempuan pun siap menggelar Kartini Offroad.

Langkah itu bakal dilaksanakan oleh 4Wheeler (baca: Four Wheeler) yang merupakan perkumpulan beberapa komunitas kendaraan offroad dari seluruh Indonesia.

Ini adalah kali kelima Kartini Offroad digelar memperingati Hari Kartini ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 April 2013 di trek Pagedangan BSD Tangerang.

Sesuai nama dan temanya, Kartini Offroad hanya diikuti oleh para offroader perempuan. Menurut ketua panitia, Ryco Arnaldo, Kartini Offroad merupakan ajang pembuktian bahwa kegiatan offroad tidak hanya di minati dan digeluti kaum pria.

“Ternyata banyak juga kaum perempuan yang memiliki hobi dan minat besar di sini. Terbukti, dari empat kali pelaksanaannya, setiap tahun jumlah peserta selalu di atas 60 orang dan terus meningkat,” kata Ryco dalam keterangan resminya.

Para peserta, kata dia, datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Manado, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan tahun ini ada pula peserta dari Bangka yang ikut untuk pertama kali.

Untuk para offroader wanita ini, panitia menyiapkan tiga trial stage atau trek yang cukup menantang untuk ditaklukkan para peserta, terdiri atas beberapa rintangan seperti lumpur, tanjakan, turunan, dan kemiringan.

Beratnya medan membuat semua peserta wajib menggunakan kendaraan 4x4 aktif, roll bar sebagai pelindung, safety belt dan helm demi keselamatan.

Hadiah utama dari lomba yang memiliki biaya pendaftaran untuk kelas A (expert) adalah Rp 500 ribu dan untuk kelas B (pemula) Rp 400 ribu ini adalah sepeda motor dari Yamaha, yaitu Xride, sebuah motor skutik baru dengan offroad style.

4Wheeler menjadi melting pot atau tempat ngobrol santai para offroader. Tak hanya berdiskusi dan having fun dengan kendaraannya, para 4Wheeler juga memiliki agenda kegiatan tahunan seperti Kartini Offroad dan Sahur Offroad yang rutin digelar setiap Ramadan. 4Wheeler juga aktif dalam aksi peduli bencana alam.

(syu/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com