detikOto

Motor Sering Ngeberebet? Ini 'Obatnya'

Aditya Maulana - detikOto
Kamis, 11/04/2013 11:11 WIB

Jakarta -Otolovers, motor Anda pernah mengalami ngeberebet atau kempos saat gas diplintir? Jangan khawatir itu penyebabnya karena kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang kurang bagus.

"Jangan khawatir itu hanya masalah kualitas BBM yang kurang bagus," tegas Manager Technical Training Departement Astra Honda Motor (AHM) Sarwono Edhi

Lalu jika seperti itu apa yang harus dilakukan oleh pengendara?

Edhi menuturkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti busi ke yang lebih dingin karena busi yang lebih dingin lebih tahan.

"Mengganti busi yang tipe lebih dingin atau angkanya lebih tinggi. Misalnya busi NGK 7, diganti angkanya 8 atau 9," papar Edhi.

Setelah itu bisa juga dilakukan dengan membersihkan injektor tapi ini dilakukan jika jarak tempuh atau KM motor Anda sudah lebih dari 1.000.

"Kalau KM-nya masih sedikit belum perlu dilakukan. Tapi kalau busi itu wajib karena busi berkerak itu yang menyebabkan motor ngeberebet atau tiba-tiba sering mati," katanya.

Cara selanjutnya yakni bisa juga setelah diganti diakalin dengan mengisi BBM yang memiliki kandungan oktan tinggi. "Diisi Pertamax beberapa kali sampai ruang bakarnya bersih sendiri juga bisa setelah itu terus campur atau dikombinasikan antara pemakaian pertamax dan premium," pungkasnya.

(ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close