detikOto

Apa Untungnya Mazda Kloning Suzuki Ertiga?

Toshiyuki Fukuda - detikOto
Rabu, 10/04/2013 12:22 WIB

Jakarta -Kalau melihat struktur perusahaan dan modal investasi, Mazda dan Suzuki tidak memiliki keterkaitan. Tetapi keduanya bisa bekerja sama dalam memproduksi satu mobil namun dengan merek yang berbeda-beda.

Kerja sama ini biasa disebut dengan Original Equipment Manufacturer atau OEM. Kabar baru yang muncul adalah kemuncula Mazda VX-1 yang merupakan nama lain dari Suzuki Ertiga. Apa untungnya Mazda mengambil Suzuki Ertiga?

Bagi Mazda ini akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menambah line up mobil yang dipasarkan di Indonesia namun dengan menggunakan sumber yang terbatas. Kita tahu kalau Mazda memiliki rasio produksi yang sedikit di luar negeri ketimbang di Jepang.

Dengan mengambil Ertiga, maka Mazda akan bisa meningkatkan line up produk di luar Jepang.

Sementara untuk Suzuki, kerjasama OEM dengan Mazda ini akan meningkatkan rasio operasi di pabrik lokal. Apalagi kabarnya Suzuki akan membangun pabrik baru di kawasan Cikarang, untuk menambah kapasitas pabrik yang saat ini sudah beroperasi di Tambun, Bekasi.

Selama ini Suzuki sudah menyuplai kendaraan ringan untuk Mazda di Jepang. Tapi khusus untuk Ertiga ini merupakan kerja sama OEM pertama Suzuki dan Mazda di luar Jepang.

Proses produksi minivan VX-1 itu akan dimulai pada bulan Mei mendatang. Suzuki akan menyuplai Mazda dengan model minivan Ertiga bermesin 1.400 cc yang terjual laris di Indonesia. Produksi per tahun diperkirakan mencapai 10.000 unit.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com