detikOto

Daihatsu: Xenia Sudah Memenuhi Standar

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 08/04/2013 15:23 WIB

Jakarta -Menyusul terjadinya kecelakaan maut di Tol Purbaleunyi Bandung, keselamatan sebuah produk otomotif dipertanyakan. Daihatsu pun memberikan klarifikasi, setiap mobil Xenia yang beredar di pasaran sudah memenuhi standar.

"Kalau mengenai kendaraan, kendaraan itu yang diproduksi oleh pabrikan. Dan sebelum diluncurkan itu sudah memenuhi standar yang ditentukan pemerintah. Dan standar pemerintah Indonesia itu mengaju kepada standar international," kata Head Domestic Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau, saat dihubungi detikOto, Senin (8/4/2013).

Rio menuturkan, sebelum dipasarkan sebuah produk pasti diuji terlebih dulu oleh pabrikan.

"Pasti ada pengujian terlebih dahulu, ada uji surat ijin laik jalan, pengujian standar kualiti, kelayakan jalan, uji tipe, dan masih banyak lagi serta bisa memakan waktu yang lama. Pengujian ini bukan pengujian ecek-ecek (pengujian formalitas), tapi pengujian telah sesuai dengan standar pemerintah," tambah Rio.

Akan tetapi Rio mengakui, kontroversi terhadap suatu produk yang mengalami musibah seperti ini merupakan hal yang biasa.

"Biasalah kalau untuk itu (meragukan produk) itu mah hal biasa, ada pro dan ada kontra. Oleh sebab itu kita hanya bisa memberikan keterangan nanti setelah penyidikan," tutup Rio.



(lth/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close